Bencana Gempa dan Tsunami Dahsyat di Selatan Jawa Pasti Akan Terjadi dan Hanya Menunggu Waktu


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Tingkat kepanikan dan ketakutan warga yang berdomisili di sepanjang Selatan Pulau Jawa kini tampaknya semakin tak terkendalikan.

Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus memperingatkan masyarakat mengenai potensi gempa dan tsunami.

Bahkan, pihak BMKG menegaskan bahwa bencana itu merupakan potensi, bukan lagi menjadi prediksi. Sehingga, dapat dipastikan bahwa bencana tersebut benar adanya. Hanya saja, kapan akan terjadinya gempa dan tsunami, belum dapat dipastikan.

“Kami tidak membantah bahwa potensi gempa dan tsunami itu akan terjadi. Sebenarnya, tujuan itu ialah bentuk kewaspadaan saja kepada masyarakat,” ucap Prof Adi Susilo PhD, Geoscientist dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, dikutip Warta Kota.

“Kapan gempa dan di mana tempatnya tidak akan ada yang tahu, hanya orang-orang itu memperkirakan berdasarkan sejarahnya saja,” lanjutnya.

Prof Adi lantas meminta kepada masyarakat untuk tidak khawatir maupun takut, apalagi sampai termakan berita hoax seputar bencana di Selatan Pulau Jawa. Dia berpesan kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ini.

“Jangan sampai resah dan jangan sampai panik. Masyarakat bisa lakukan evakuasi mandiri. Misalnya saja kejadian tsunami bisa dilihat dari surutnya air laut. Kalau surutnya di luar batas kewajaran. Ya bisa langsung menyelamatkan diri melalui jalur evakuasi atau mencari tempat yang lebih tinggi, meski tidak semua tanda-tanda tsunami dilihat dari surutnya air laut,” tuturnya.

More From: Berita Menarik