Kesaksian Warga Ketika Gunung Tangkuban Perahu Erupsi, Lihat Kuda Mengamuk Karena Ketakutan


via: today.line.me

Palingseru.com – Gunung Tangkuban Perahu yang kini menjadi tempat objek wisata karena keeksotisannya dilaporkan baru saja memuntahkan abu vulkanik pada Jumat, 26 Juli 2019 kemarin sore.

Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu tersebut mengalami erupsi dengan tinggi kolom kurang lebih 200 meter dengan amplitude maksimum 38 mm dan durasi 5 menit 30 detik.

Seperti diketahui, Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga kini, itu bisa terlihat di beberapa kawahnya yang masih mengeluarkan gas berelang sampai saat ini.

via: today.line.me

Oleh karenanya, erupsi bisa terjadi kapan saja dan tanpa disadari oleh para pengunjung. Ya, dari sejumlah rekaman yang beredar, tampak ada banyak pengunjung yang berada di sekitar dan berusaha menyelamatkan diri.

Bahkan sejumlah pedagang yang berjualan di lokasi wisata berlarian meninggalkan barang-barang dagangannya karena panik, sebagaimana diungkapkan salah seorang warga di sekitar Gunung Tangkuban Perahu, Hendrik.

“Yang jualan ditinggal semua, orang-orang pada lari, ada yang nyariin anaknya, pokoknya semuanya panik. Jadi abu langsung ke rambut, langsung tebal,” ungkapnya, dilansir dari today.line.me.

Lebih lanjut, Hendrik yang juga merupakan ketua RT mengatakan bahwa sebelum kejadian sebenarnya sudah diberi pertanda dari gelagat aneh seekor kuda yang tiba-tiba mengamuk akibat ketakutan melihat asap dari kawah.

“Dikira ada kuda mengamuk, ternyata kudanya takut oleh kawah. Lalu ada suara dentuman, ‘duss’ gitu, enggak ngabeledug (berdentum),” tuturnya.

Setelahnya, suasana dan kondisi di Gunung Tangkuban Perahu perlahan gelap.

“Gelap dulu sebelum letusan, jarak pandang (pendek), motor-motor sudah enggak kelihatan,” imbuhnya.

Akibat erupsi tersebut, Hendrik menuturkan, banyak orang yang sesak nafas karena menghirup abu langsung jatuh. Selain itu, banyak pula pengunjung yang mengalami iritasi mata.


Like it? Share with your friends!