Pemuda 22 Tahun ini Raup Uang Ratusan Juta Tiap Bulan dari Usaha Sate Lipan


via: kompas.com

Palingseru.com – Kisah dari pebisnis muda ini menunjukkan kepada siapapun untuk jangan pernah takut menjadi berbeda.

Ya, meski bisnis yang kamu geluti berbeda dari orang umumnya, bahkan mungkin mendapat kesan negatif dari orang-orang, jangan patah semangat dan terus meyakini jika bisnis tersebut akan menghantarkan kamu pada kesuksesan.

Ialah Ricky Santri Kurniawan, pemuda 22 tahun yang kini sudah bisa mendapatkan omset mencapai ratusan juta dari bisnis sate lipan.

via: kompas.com/Ricky Santri Kurniawan

Di mata masyarakat awam, lipan tentu menjadi hewan menjijikkan dan juga menakutkan karena memiliki bisa. Sehingga bisa dipastikan lipan tidak akan mungkin menjadi sesuatu yang menguntungkan.

Tapi di tangan Ricky, hewan berkaki banyak ini menjadi bisnis menjanjikan yang memberinya penghasilan fantastis.

Terlebih lagi sate lipannya kini diekspor sampai ke Vietnam.

Untuk satu kilo lipan yang dikirim dijual seharga Rp 1,2 juta. Sedangkan Ricky bisa mengirimkan hingga 460 kilogram. Maka, jika dihitung kasar, omsetnya bisa mencapai ratusan juta.

Dan itu belum termasuk pengiriman ke Medan, Jakarta dan Surabaya, yang masing-masing dikirim hingga puluhan ribu ekor dengan dihargai Rp 2.000 untuk satu sate lipannya, melansir Kompas.com.

via: kompas.com

“Ekspor (ke Vietnam) kemarin buyer itu sendiri datang ke sini. Dia lihat barang kita, dibilang dia, ini produk terbaik yang saya lihat. Setelah itu lah lalu ngajak kerjasama. Jumlahnya berapapun bisa masuk ke sana,” kata Ricky.

“Saya tak tahu lipan di sana (Vietnam) dijadikan apa. Tapi kalau di sini untuk pakan ikan arwana. Ada juga yang bilang untuk obat kuat, tak tahulah,” tuturnya.

Untuk stok lipannya, Ricky mendapatkan dari para petani atau buruh tani. Ricky menghargainya Rp 1.500 per ekor.

“Di kebun sawit itu banyak, atau di daun-daun kering kakao, banyak itu. Tapi jumlah tangkapan itu kan soal rezeki juga,” katanya.

via: kompas.com

More From: Berita Menarik