Bisa Sembuhkan Kanker, Kini Bajakah Banyak Dijual Dengan Harga Jutaan Rupiah


via: intisari.grid.id

Palingseru.com – Ketakutan Anggina Rafitri dan Aysa Aurealya, serta pihak sekolahnya kini akhirnya benar-benar terjadi.

Sebelumnya, kedua siswi SMA 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah itu berhasil meraih medali emas dalam World Invention Creativity Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan, karena telah menemukan obat penyakit mematikan nomor satu di dunia, yakni kanker.

Anggina dan Aysa menggunakan akar bajakah sebagai karya ilmiahnya. Namun baik kedua siswi berprestasi tersebut maupun pihak sekolahnya enggan membeberkan lebih detail mengenai jenis akar bajakah ataupun lokasi ditemukannya tanaman ini. Hal itu dilakukan demi menghindari eksploitasi berlebih yang dapat memberikan efek negatif pada hutan Kalimantan.

Tapi tak disangka, kekhawatiran dan ketakutan mereka akan hal itu kini telah terjadi. Sejak mencuatnya kabar khasiat dari tanaman bajakah, sejumlah warga lantas mencari tanaman ini dan menjualnya secara bebas.

Bahkan kini telah banyak pengepul yang bersedia membayar tanaman itu mulai dari ratusan ribu hingga dua juta rupiah.

Hal ini pun semakin mendorong masyarakat dalam mengeksploitasi tanaman tersebut.

Tapi sayangnya, tanaman bajakah ternyata mempunyai banyak jenisnya. Dan tidak semuanya dijamin bisa mematikan sel kanker dalam tubuh.

David Suwito Widyaiswara, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pun lantas mengeluarkan peringatan kepada masyarakat mengenai hal ini.

“Mohon berhati-hati dengan penawaran akar bajakah yang sedang booming sekarang dengan harga 500 ribu – 1 juta per bungkus. Saya khawatirkan jenisnya salah, mengingat bajakah ini ada ratusan, dan yang berwarna kuning juga ada belasa,” tulisnya di halaman Facebook.

Peringatan senada pun disampaikan oleh Anggina. Ia meminta kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi akar bajakah yang terjual bebas saat ini.

“Tolong dipilah dulu karena kami kan belum terbuka (menyebut jenisnya). Jadi itu kan banyak jenisnya jadi takut salah konsumsi gitu, jadi mungkin masyarakat lebih hati-hati lagi,” tutur Anggina, dikutip Intisari.Grid.id.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Berita Menarik