Perkosa 9 Anak, Pria ini Divonis Hukuman Kebiri Kimia


KOLASE GRID.ID

Palingseru.com – Hukuman kebiri untuk pelaku kejahatan seksual hanya sebatas wacana saja selama ini. Belum ada penindakan langsung yang dijatuhkan bagi para pelaku. Namun baru-baru ini hukum kebiri telah diterapkan di Mojokerto.

Sontak, ini menjadi kabar yang mengejutkan bagi publik. Hukum kebiri yang diberlakukan pada pelaku kejahatan seksual pun tak tanggung-tanggung, yakni kebiri kimia, yang diketahui sangat membahayakan kesehatan.

Untuk diketahui, kebiri kimia merupakan penyuntikkan zat anti-testosteron ke tubuh pria untuk menurunkan kadar hormon testosteron, yang sebagian besar diproduksi sel lydig di dalam buah zakar.

Dampaknya sendiri cukup mengerikan, selain menurunkan gairah seksual, penurunan hormon testosteron juga akan berpengaruh pada otak sehingga suasana hati tidak nyaman, menjadi pemarah. Lalu imbasnya ke kulit sehingga kulit menjadi kering, otot kemudian mengecil, tulang menjadi keropos sehingga orang tersebut akan sangat lemah, tak berdaya.

Hukuman kebiri kimia ini sendiri dijatuhkan oleh Pengadilan Negeri Mojokerto terhadap Muh Aris (20), pemuda asal Dusun Mengelo, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, yang telah terbukti melakukan pemerkosaan pada 9 anak di bawah umur sejak tahun 2015 silam, melansir Kompas.com.

“Dalam persidangan, terungkap 9 korban,” kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto, Nugroho Wisnu.

Dalam perbuatannya itu, Aris telah melanggar Pasal 76 D junto Pasal 81 Ayat (2) Undang-undang RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman penjara selama 12 tahun dan denda Rp 100 juta subside 6 bulan kurungan, serta dikenakan hukuman tambahan berupa kebiri kimia.

“Untuk wilayah Mojokerto, ini yang pertama kali,” tegas Nugroho Wisnu.

More From: Berita Menarik