Gara gara Terobos Kawasan Ganjil Genap, Ratusan Polisi Pun Akhirnya Kena Tilang Juga


via: tempo.co

Palingseru.com – Perluasan area yang terkena Ganjil Genap Jakarta kini akhirnya resmi diterapkan pada Senin, 9 September 2019, setelah disosialisasikan dengan baik sejak bulan lalu.

Pada hari pertama sejak diberlakukannya aturan sistem ganjil genap ini, petugas sempat dibuat tercengang dengan banyaknya angka pengendara yang melanggar aturan.

Bahkan hanya khusus di satu ruas jalan baru, petugas bisa menilang hingga ratusan pengendara. Seperti contohnya di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara.

“Hasil penindakan hari ini, ada 251 pelanggar khusus di jalan Gunung Sahari. Barang bukti yang kami sita ada SIM 118, STNK ada 133,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Wilayah Jakarta Utara, AKBP Agung Pitoyo.

Yang lebih mengejutkannya, sejumlah pelanggar diantaranya ada aparat penegak hukum.

Meski demikian, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir menegaskan, bahwa pihaknya tetap menindak tegas kepada polisi yang melakukan pelanggaran.

“Tidak ada pengecualian. Melanggar ganjil-genap, akan ditindak, karena aturannya untuk semua,” tegasnya.

“Enggak cuma satu dua yang ditindak, ada ratusan. Polisi yang di dalam lalu lintas juga banyak, hampir semua kena. Tindakannya sama, enggak ada diskresi (kebebasan),” tambahnya.

Adapun diskresi hanya diberikan pada pihak kepolisian yang sedang mengendarai mobil dinas, sesuai dengan Peraturan Gubernur 88 Tahun 2019.

“Yang tidak kena ganjil-genap, kendaraan dinas pelat merah dan kendaraan TNI-Polri,” jelas AKBP Muhammad Nasir, demikian melansir Viva.co.id.

More From: Berita Menarik