Dokter Baik Yang Hanya Dibayar Rp 10 Ribu ini Ternyata Pernah Juga Ditipu Oleh Pasiennya


via: kompas.com

Palingseru.com – Masih ingat dengan dokter Mangku Sitepoe?

Ya, dokter mulia yang hanya menetapkan biaya pengobatan Rp 10.000 untuk setiap pasiennya.

Dokter dengan jiwa sosial tinggi ini sempat viral beberapa waktu lalu karena pengabdian dan kebaikan luar biasanya tersebut.

Sangat berbeda memang dengan dokter kebanyakan, yang berlomba-lomba menetapkan biaya pengobatan dengan harga tinggi, sebagai bentuk balasan dari ilmu yang sudah ia pelajari selama beberapa tahun.

Dokter Mangku justru memberikan tarif murah meriah untuk setiap pengobatan. Bahkan di tahun 90-an, dokter Mangku sampai pernah menggratiskan biaya pengobatan secara penuh sebelum akhirnya ditipu oleh pasiennya sendiri.

Jadi, seperti dilansir Kompas.com, saat dokter Mangku melakukan praktik di Denmark, ia belajar tentang kebaikan tentang obat-obatan yang harus didonasikan untuk sosial enam bulan sebelum tanggal kedaluwarsa. Di sinilah, tercetus ide untuk membagikan obat secara cuma-cuma kepada pasiennya.

Namun apes, kebaikan dokter Mangku malah disalahgunakan oleh sejumlah orang. Banyak diantara pasien yang datang tidak sakit.

“Tahu apa yang diperbuatnya? Obat itu dijual lagi. Banyak, bukan sedikit,” kata dokter Mangku.

“Dari situlah, setiap pasien yang datang berobat dikenai biaya Rp 2.500. Itu tahun 2000,” lanjutnya.

Biaya itu pun terus bertambah seiring berjalannya waktu, namun tetap masih ramah di kocek para pasien yang kurang mampu.

via: kompas.com/Tempat Praktik Dokter Mangku, Klinik Pratama Bhakti Sosial Kesehatan St Tarsisius, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Keinginan dokter Mangku untuk berbuat baik itu sendiri didasari oleh kepercayaannya pada gagasan altruisme, yakni dimana setiap individu berakal sehat memiliki keinginan untuk mengabdikan dirinya bagi sesama tanpa pamrih.

“Jadi dengan akal sehat, altruisme, sama satu lagi berkesinambungan, itulah dasarnya kita mendirikan balai pengobatan,” ucap dokter 84 tahun ini.

More From: Berita Menarik