Terjebak Api Kebakaran Hutan, Sepasang Orangutan Ditemukan dalam Kondisi Mengenaskan di Atas Pohon


via: tribunnews.com/Kondisi salah satu Orangutan yang dievakuasi

Palingseru.com – Kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kini semakin parah hingga masuk dalam level ‘berbahaya’.

Akibatnya, banyak masyarakat Indonesia khususnya anak bayi mengalami gangguan kesehatan. Terutama pada pernafasan mereka akibat terus-menerus menghirup kabut asap.

Tapi nyatanya, bencana Karhutla tidak hanya mengancam keselamatan penduduk tanah air, namun juga para penghuni hutan alias hewan. Mereka yang justru paling terdampak dari bencana ini. Bahkan sebelumnya diberitakan seekor ulang langka yang tinggal di belantara Tanah Dayak ditemukan tewas dalam keadaan gosong.

Kini, yang menjadi korban selanjutnya adalah satwa dilindungi khas pulau Kalimantan, yakni Orangutan.

Mengutip TribunMataram.com, Ketua Yayasan IAR Indonesia, Tantyo Bangun mengungkapkan ada sepasang Orangutan bernama Arang dan Bara terjebak di atas pohon saat kobaran api melahap habitatnya. Mereka diduga gagal menyelamatkan diri, sehingga pasrah menetap di atas pohon.

Beruntung saat itu tim IAR Indonesia tengah berpatroli sehingga sepasang Orangutan malang itu berhasil dievakuasi.

“Melihat kondisi hutan di sekitar Orangutan yang sudah habis terbakar, IAR Indonesia memutuskan untuk segera mengevakuasi Orangutan ini,” kata Tantyo.

Lebih jelas, Tantyo menerangkan, kondisi kedua Orangutan tersebut cukup mengenaskan saat ditemukan. Di mana dalam kondisi dehidrasi dan tubuh lemas akibat menghirup terlalu banyak asap.

Bahkan yang lebih memilukannya lagi, di tubuh salah satu Orangutan itu terdapat peluru senapan angin.

Hal inilah yang diduga membuat Orangutan ini semakin tidak berdaya untuk menyelamatkan diri saat terancam.

“Orangutan, yang selama ini sudah menghadapi ancaman perburuan dan pembukaan lahan, sekarang harus juga menghadapi ancaman kebakaran,” kata Tantyo.

More From: Berita Menarik