Begini Kisah di Balik Foto Viral Anak SMA Bawa Bendera Merah Putih Saat Demo


via: today.line.me

Palingseru.com – Aksi demo besar-besaran yang digelar oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Indonesia dan juga pelajar SMA dan STM beberapa hari lalu kini menyisakan banyak kejadian dan potret viral di media sosial.

Satu diantaranya foto seorang pelajar SMA yang mengenakan seragam putih dan abu-abu yang tengah menggenggam bendera Merah Mutih sambil melindungi matanya dari kabut gas air mata.

Foto tersebut dengan cepat menjadi viral usai diunggah ke laman media sosial.

Beragam fakta di balik foto haru itu pun kini mulai terkuak. Mulai dari sosok yang mengambil foto tersebut, hingga kisah dibalik foto viral tersebut.

Seperti dilansir today.line.me, foto itu diambil oleh fotografer Kompas.com, yang bernama Andrew Lotulung. Dia mengambil potret pelajar tersebut tepat disaat aparat polisi menembakkan gas air mata kepada massa, dalam langkah membubarkan massa demonstran.

“Massa waktu itu sudah semakin tidak terkontrol melempar apa saja yang dia pegang ke arah polisi. Mereka juga berusaha menjebol pagar belakang DPR,” jelas Garry.

Namun faktanya, gas air mata tidak cukup melemahkan langkah dan semangat para mahasiswa yang menuntut keadilan.

Bahkan, Garry bercerita kalau mereka justru memberikan respon unik saat aparat menebakkan gas air mata.

“Mereka tepuk tangan setiap ada gas air mata sambil lari menjauh,” ucap Garry.

Setelah tembakan gas air mata mereda, maka para mahasiswa dan pelajar kembali maju, mendekati pintu belakang DPR di Jalan Tentara Pelajar sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Namun di saat terjadi penembakan gas air mata, perhatian Garry sempat teralihkan dan tertuju pada salah seorang pemuda yang menyeka mata dengan bendera Merah Putih dalam genggamannya.

Momen ini langsung dibidiknya, dan foto inilah yang akhirnya viral di media sosial.

Karena di usianya yang masih begitu muda, semangatnya dalam mencari keadilan bagi rakyat begitulah besar, mengingatkan kita kepada semangatnya para pejuang masa lampau.


Like it? Share with your friends!