Akibat Ulah Oknum Tak Bertanggung Jawab, Batu-batu Besar ini Hancurkan Rumah Rumah Warga di Purwakarta


via: jabar.suara.com

Palingseru.com – Tujuh rumah di Kampung Cihandeleum RT 09/RW 05, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dilaporkan hancur parah akibat adanya hujan batu di kampung tersebut.

Hujan batu yang dimaksud bukan karena fenomena alam, melainkan ulah oknum-oknum tak bertanggung jawab yang mengambil alih kuasa batu-batu di atas gunung, yang tak jauh dari pemukiman warga.

Saat hari kejadian, Selasa (8/10/2019) siang, sekitar pukul 12.30 WIB, sebuah perusahaan tambang yang beroperasi di kawasan tersebut melakukan blasting atau peledakan batu, yang akhirnya menimpa rumah-rumah warga yang berada tepat di bawah gunung tersebut.

“Pada hari Selasa tanggal 8 Oktober 2019 pada pukul 13.00 WIB telah terjadi batu ledak dengan tonase 200 ton,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo saat dikonfirmasi.

Meski tak ada korban dalam peristiwa ini, namun diperkirakan kerugian materil ditaksir mencapai Rp 460.000.000.

Akibat kerusakan ini, warga pun menuntut ganti rugi dan menginginkan perusahaan tambang tersebut ditutup.

“Masyarakat marah dan berbondong-bondong mendatangi pihak perusahaan untuk meminta pertanggungjawaban,” ucap Agus.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta AKBP Matrius S.I.K., M.J. mengatakan bahwa mediasi yang dilakukan antara warga dan pihak perusahaan telah menemukan titik tengah.

“Dengan pemufakatan bahwa perusahaan siap bertanggung jawab atas kejadian tersebut dan siap mengganti kerugian rumah-rumah yang rusak,” kata Kapolres, demikian mengutip Warta Kota, Kamis (10/10/2019).

More From: Berita Menarik