Mau Bayar Hutang Tapi Gak Punya Uang, Pria ini Akhirnya Nekat Cetak Uang Sendiri


via: kompas.com

Palingseru.com – Hidup di atas hutang memang membawa beban moril. Apalagi, jika terus ditagih atau bahkan dikejar-kejar oleh pihak peminjaman uang. Maka bukan tidak mungkin membuat seseorang kehilangan akal sehat hingga berujung pada aksi nekat.

Seperti apa yang dilakukan oleh Hendri Seto (36), warga Dusun Sidomukyo, Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Karena terus ditagih seorang rentenir, Hendri nekat mencetak uang sendiri. Tak tanggung-tanggung, uang palsu yang ia cetak dengan menggunakan mesin printer dan kertas HVS warna putih mencapai Rp 11 juta.

“Jadi tersangka ini memalsukan uang tersebut untuk membayar utang kepada seorang rentenir yang sudah jatuh tempo,” jelas Direktur Ditkrimum Polda Lampung Kombes M Barly Ramadhani.

Mengutip Kompas.com, Hendri ditangkap pada Sabtu (12/10/2019) tanpa perlawanan. Dia diamankan bersamaan dengan barang bukti berupa uang palsu pecahan Rp 100 ribu sebanyak 88 lembar dan pecahan Rp 50 ribu sebanyak 44 lembar.

“Kami juga menyita barang bukti satu unit printer yang digunakan tersangka untuk memalsukan uang-uang tersebut,” lanjut Kombes M Barly Ramadhani.

Sementara itu, tersangka Hendri mengaku tidak berniat untuk mencetak uang palsu. Hal itu terpaksa ia lakukan karena selalu ditagih oleh sang rentenir.

“Saya terpaksa palsukan uang, karena usaha sebagai pedagang pulsa enggak cukup untuk menutupi utang. Maka itu saya terpaksa membuat uang palsu,” tuturnya.

Tapi nahas, uang palsu yang ia cetak segera disadari oleh sang rentenir, hingga berujung penangkapan.

“Saya cetak malam hari, siangnya saya bayar utang. Tapi habis bayar langsung ditangkap,” ungkapnya.


Like it? Share with your friends!