Bosan dengan Kemacetan, Buruh Bengkel ini Buat Helikopter Sendiri


via: kompas.com

Palingseru.com – Kemacetan lalu lintas di kota-kota besar sepertinya bukan pemandangan mengejutkan lagi.

Tapi tentu saja, hal ini menyisakan rasa bosan, jenuh dan jengah tersendiri bagi para pengguna jalan raya. Pada satu titik, masyarakat juga ingin menikmati perjalanan dengan lancar, tanpa adanya hambatan.

Hal inilah yang mendorong Jujun Junaedi (42) sampai nekat merakit sebuah helikopter, dengan hanya berbekalkan pengetahuan minim yang dimilikinya saat duduk di bangku STM dan pengalaman kerja di bengkel alat berat serta berkonsultasi dengan sejawatnya yang mayoritas mekanik alat berat.

Transportasi udara tersebut, ia ciptakan untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas, yang sering kali menjebaknya dikala berangkat kerja.

Helikopter yang ia beri nama Gardes JN 77 GM itu ia rakit seorang diri di halaman rumahnya, di Kampung Cibubuay Desa Damareja Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Namun sesekali, ia juga meminta bantuan anak laki-laki pertama dan kerabatnya. Dan rencananya, helikopter yang dirakit sejak Agustus 2018 itu rampung akhir 2019 atau awal 2020 ini.

“Insya Allah saya inginnya pada akhir tahun atau awal tahu n 2020 bisa melakukan uji terbang,” tutur Jujun.

Saat ini, seperti dilansir Kompas.com, hanya tinggal penyelesaian baling-baling utama yang masih dalam pengerjaan. Sementara untuk mesinnya, Jujun menggunakan mesin penggerak generator set (genset) berkapasitas besar 24 PK, 700 cc, dan dua silinder berbahan bakar premium.

Dalam pembuatan helikopter ini, diakui oleh Jujun telah menghabiskan dana sebesar Rp 30 juta. Namun semua dana tersebut murni tabungan pribadinya, bukan campuran dari anggaran untuk rumah tangga.

“Makanya, proses pembuatan helikopter ini lama karena untuk membeli barang yang dibutuhkan harus menunggu waktu, perlu menyisihkan. Karena kan saya tidak mau mengganggu uang dapur,” katanya.


Like it? Share with your friends!