Mungkin Gak Punya Garasi, Rumah Ini Gunakan Bahu Jalan dan di Kasih Atap Untuk Tempat Parkir Mobil


via: intisari.grid.id

Palingseru.com – Media sosial baru-baru ini diramaikan dengan postingan akun hiburan @makassar_iinfo, yang membagikan dua foto mobil yang terparkir di depan rumah.

Sekilas, unggahan ini memang tampak biasa saja, tapi di sini terselipnya keegoisan pemilik rumah yang mengambil hak para penghuni rumah lain, karena telah menjadikan bahu jalan yang jelas sudah bukan area rumahnya lagi, untuk memarkirkan kendaraan.

Parahnya lagi, rumah tersebut memberikan atap khusus untuk mobil mereka. Sontak, hal ini mengundang reaksi dari para netizen. Menurut mereka, pemilik rumah sangat tidak pantas melakukan hal tersebut, karena area yang diberi atap khusus itu merupakan jalanan umum.

Sementara di samping itu, tindakan itu juga telah melanggar Peraturan Daerah Nomor 5 2014 tentang Transportasi.

“Salah satunya tentang kewajiban bagi yang punya kendaraan roda empat mobil itu sanggup menyediakan garasi,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, menjelaskan Perda.

Di sisi lain, melansir intisari.grid.id, Rissalawan Habdy Lubis, Pengamat Sosial yang juga seorang pengajar di Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti, yang turut menyoroti aksi pemilik rumah mengatakan, jika mobil saat ini tidak dipandang sebagaimana dengan fungsinya melainkan sebuah gengsi.

“Saya kira kepemilikan mobil saat ini memang lebih kepada gengsi dan upaya menunjukkan status sosial-ekonomi tertentu daripada fungsi dan utilitasnya,” tuturnya.

Tuntutan gaya hidup itu pula, lanjut Rissalawan, kerap kali membuat mereka tak berkaca dengan kondisi yang dimilikinya, diantaranya tidak mampu mempersiapkan garasi. Seperti adanya pemaksaan yang berujung merugikan orang lain.

More From: Berita Menarik