Aturan Baru Menikah di Era Jokowi – Maruf Amin, Berlaku Mulai 2020 Syarat Nikah Tak Bisa Cuman Modal Cinta


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Bagi yang sudah mempersiapkan pernikahan di tahun 2020 mendatang kini ada sebuah pemberitahuan baru, mengenai adanya aturan baru terkait persyaratan tambahan bagi calon pasangan pengantin.

Aturan baru di era Jokowi – Maruf Amin ialah sertifikasi perkawinan atau pernikahan.

Jadi, bagi pasangan yang akan menikah di tahun 2020 dan tahun seterusnya, harus mengantongi sertifikat tersebut.

Untuk mendapatkan sertifikat itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), sekaligus pencanang program sertifikasi perkawinan, yakni Muhadjir Effendy menjelaskan, bahwa calon suami istri harus mengikuti kelas bimbingan selama tiga bulan.

“Untuk memastikan bahwa dia memang sudah cukup menguasai bidang-bidang pengetahuan yang harus dimiliki itu harus diberikan sertifikat,” ujar Muhadjir.

via: tribunnews.com/Menko PMK Muhadjir Effendy

Menurut Muhadjir, sertifikasi tersebut sangat penting sebagai bekal pasangan yang hendak menikah. Karena di kelas bimbingan, calon suami istri akan dibekali pengetahuan seputar kehidupan pernikahan, kesehatan alat reproduksi hingga masalah stunting pada anak.

“Jadi sebetulnya setiap siapapun yang memasuki perkawinan mestinya mendapatkan semacam upgrading tentang bagaimana menjadi pasangan berkeluarga,” kata Muhadjir.

Terlebih untuk pengetahuan seputar anak, yang akan menjadi cikal bakal penerus bangsa.

AD: Hotel murah di Indonesia mulai dari Rp 99rb, Pesan di RedDoorz Install Aplikasinya Sekarang!

“Mereka akan melahirkan anak yang akan menentukan masa depan bangsa ini. Di situ lah informasi penyakit-penyakit yang berbahaya untuk anak, termasuk stunting segala itu harus diberikan,” ucap Menko PMK tersebut, demikian mengutip Tribunnewswiki.com.

More From: Berita Menarik