Sonto Wiryo Tetap Semangat Bekerja, Walaupun Tangannya Menggantung-gantung Akibat Patah Belasan Tahun yang Lalu


via: kompas.com

Palingseru.com – Sonto Wiryo, seorang kakek 84 tahun yang kembali menunjukkan bahwa tidak ada alasan untuk tidak bekerja, sekali pun kondisi terbatas.

Ya, seperti yang kita ketahui, banyak orang yang memiliki kondisi fisik sempurna namun enggan bekerja. Bahkan rasa malas membuat mereka sampai memutuskan untuk lebih baik menjadi pengemis, ketimbang kerja halal.

Tapi Mbah Sonto, panggilan akrabnya, pantang mengemis di usia yang sebenarnya sudah tak laik kerja. Dia tetap bekerja keras dengan menjadi pembuat gula kelapa.

Dilansir Kompas.com, semua proses pembuatan dilakukan Mbah Sonto seorang diri. Termasuk mencari bahan bakar memasak air nira. Tiap hari, Mbah Sonto mencari dahan kering pelepah kelapa dalam jumlah yang tak sedikit. Dengan tubuh kurusnya, Mbah Sonto mengangkut pelepah dari sebuah kebun di lereng perbukitan ke rumahnya di Dusun Crangah Desa Hargotirto Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Niki ngangge genen (ini untuk pengapian tungku),” ucapnya sambil memikul pelepah daun kelapa.

via: kompas.com

Yang semakin memilukan, lengan sebelah kanan Mbah Sonto sudah tak dapat difungsikan akibat insiden yang menimpanya pada tahun 2001 silam.

Mbah Sonto terjatuh dari pohon waru dengan ketinggian 9 meter. Mbah Sonto yang berniat memotong dahan pohon waru yang menumpang pada pohon mangga terjatuh dan terlempar, kemudian terbentur.

Selama 3 bulan dirawat di rumah sakit hingga menghabiskan harta miliknya dan terpaksa menjual kebun sekitar 3.600 meter persegi yang berisi pohon durian, manggis dan petai.

via: kompas.com/Kondisi lengan kanan Mbah Sonto yang tak lagi berfungsi

“Kebun dijual karena punya utang dan biaya kontrol terus ke RS. Belum lagi untuk makan. Dulu belum ada BPJS dan bantuan-bantuan lain. Informasi juga tidak mengalir cepat seperti sekarang,” ungkap Nartono, kerabat Mbah Sonto.

Sejak saat itu, Mbah Sonto mulai hidup sederhana. Selain membuat gula kelapa, Mbah Sonto kini juga mencari pakan untuk sapi dan kambingnya, serta mencari kayu bakar untuk masak di rumah.

More From: Berita Menarik