Ikan Ini Memanjat Batu Menggunakan Mulutnya


ikan pemanjat batuIkan kita ketahui tidak bisa memanjat karena tidak memiliki tangan dan kaki yang bisa digunakan untuk memanjat namun tidak dengan ikan ini walaupun tidak punya tangan dan kaki ikan ini masih memiliki mulut yang digunakan untuk memanjat air terjun 1oo m.

Ikan unik ini bernama Gobi Nopoli Rock Climbing atau Sicyopterus stimpsoniĀ  ini mamapu menjat air terjun setinggi 100 m hanya dengan menggunakan mulutnya caranya cukup sedrhana ikan ini menghisapkan mulutnya ke permukaan batuan dan memindahkan badannya secara perlahan-lahan.

Pertama kali ikan Gobi Nopoli Rock Climbing diketahui bisa memanjat batu ditemukan oleh beberapa ilmuan yang sedang melakukan penelitian di di Hawaii, Amerika Serikat.

Menurut peneliti Evolusi Biomechanist dari Clemson University Richard Blob ikan ini menempelkan mulutnya diatas batu bertujuan untuk mengikis makanan.

“Selain untuk makan, mulutnya digunakan juga untuk mendaki. Ini adalah salah satu bentuk evolusi perilaku dari seekor hewan saat mencari makanan,” kata Blob.

Para peneliti pun mengambil beberapa ekor ikan untuk melakukan tes apa benar ikan ini benar benar memajat menggunakan mulutnya. Peneliti memasukan ikan ini didalam akuarium kemudian ikan ini dipancing dengan makanan diatas akuarium dan hasilnya ikan ini benar benar memanjat akuarium itu untuk mengambil makanan yang disediakan.

Hasil dari penelitian ini telah dipublikasikan pada Jurnal Online Plus One pada tanggal 4 Januari lalu.

baca juga: Konyol, Pemancing Tewas Akibat Ikan Masuk Tenggorokan

Aneh, Ikan Hiu Tiba Tiba Jatuh Dari Langit


Like it? Share with your friends!