Mendikbud Nadiem Makarim Bakal Hapus Pelajaran “Bahasa Inggris” di SMP dan SMA


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Nadiem Makarim yang telah resmi jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menggantikan Muhadjir Effendy, kini memiliki wacana baru terkait penghapusan salah satu mata pelajaran inti.

Yaitu, pelajaran Bahasa Inggris. Namun pemangkasan mata pelajaran ini hanya berlaku untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Sementara siswa Sekolah Dasar tetap diberikan pelajaran ini.

Namun dijelaskan lebih lanjut oleh Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim, bahwa pemangkasan mata pelajaran Bahasa Inggris ini tak sepenuhnya dilakukan. Dengan kata lain, akan memberikan ilmu ‘pengganti’ yang lebih lewat penggunaan kurikulum baru.

“Mata pelajaran Bahasa Inggris jenjang SMP dan SMA lebih diarahkan untuk percakapan sebagai modal siswa mempelajari sumber ilmu dari luar negeri,” terangnya, dikutip TribunSumsel.com.

Ramli menuturkan perlu ada kajian lebih lanjut tingkat mata pelajaran di SMP dan SMA.

“Saya sampaikan pemilihannya jangan sampai menghilangkan mata pelajaran, harus ada penggabungan mata pelajaran. Tapi efektivitasnya tetap diperhitungkan. Jangan sampai ada guru yang kehilangan linearitasnya,” tandasnya.

More From: Berita Menarik