6 Universitas di Jerman Dengan Jumlah Mahasiswa Asing Terbesar


Technical University of Munich foto: Wikipdedia.com

Palingseru.com – Universitas di Jerman – Jerman sering disebut sebagai negara Eropa yang paling disukai mahasiswa asing. Populasi mahasiswa asing di Jerman mencapai 15% dari total jumlah mahasiswa atau 393.579 mahasiswa pada tahun ajaran 2018/2019. Peningkatan pesat jumlah mahasiswa asing ini dimulai sejak penghapusan biaya kuliah pada tahun 2014.

Alasan utama mahasiswa asing memilih Jerman adalah karena mereka mendapat fasilitas biaya kuliah gratis di universitas negeri, sama seperti mahasiswa lokal. Universitas di Jerman juga memberikan pengajaran berkualitas dunia, dimanapun kampusnya.

6 Daftar Universitas di Jerman yang Memiliki Jumlah Mahasiswa Terbanyak

Nah bagi kalian yang ingin kuliah di Jerman, berikut ini daftar Universitas di Jerman yang memiliki jumlah mahasiswa asing terbanyak, lalu universitas apa sajakah itu?

1.Technical University of Munich (TUM)

Tidak hanya kota Munich yang bercita rasa internasional, tapi TUM juga menjadi favorit talenta terbaik dari seluruh dunia. Universitas ini bisa dibilang menjadi pusat penelitian dan rekayasa di Jerman. Bahkan TUM memiliki posisi sangat penting dalam kemajuan teknologi Jerman.

Dengan perkiraan 12 ribu mahasiswa asing, TUM menyediakan pengajaran Teknik yang sangat lengkap. Beberapa program populer diantaranya Ilmu Komputer, Fisika, kedokteran, Teknik Elektro, hingga Aerospace.

2.RWTH Aachen University

Bagi yang ingin mengambil bidang Teknik, RWTH Aachen University tampaknya menjadi salah satu yang harus kalian pertimbangkan. Salah satu alumni terkenalnya adalah pakar pesawat terbang dari Indonesia, yaitu bapak Prof. Bj Habibie.

Universitas ini memberikan presentase praktek yang sangat banyak, maka tidak mengherankan kalau alumninya mendapat pengakuan secara internasional. Siapapun akan bangga bisa masuk RWTH Aachen University.

Selain karena kualitasnya yang mendunia, seleksi masuk Aachen sangat ketat dan diikuti pelajar berprestasi dari seluruh dunia. Aachen juga memiliki mahasiswa asing sangat banyak, yaitu sekitar 10.500. Ini membuat kalian merasakan suasana multikultural yang sangat kuat.

3.Ludwig Maximilian University (LMU)

LMU merupakan satu lagi universitas di Munich yang memiliki mahasiswa asing sangat banyak, yaitu diperkirakan mencapai 8.500 mahasiswa asing dari 130 negara. Dengan usia lebih dari 500 tahun, saat ini LMU menjadi salah satu universitas populer bagi pelajar asing.

Salah satu daya tarik utama LMU adalah ada banyak program yang disampaikan dalam bahasa Inggris, terutama Psikologi, Ekonomi, Psikologi, Sains, dll. Walau begitu, tetap saja kalian harus bisa bahasa Jerman. Karena kemampuan berbahasa Jerman sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari.

4.Technical University of Berlin (TU Berlin)

Sebagai salah satu universitas Teknik terbaik di Jerman, TU Berlin merupakan pilihan tepat bagi mahasiswa asing. Prinsip pengajaran TU Berlin merangsang mahasiswa untuk menerapkan teori dalam pemecahan masalah teknis. Dan TU Berlin selalu mengembangkan kurikulumnya agar sesuai dengan perubahan dunia yang sangat cepat.

Di sini kalian akan bergabung dengan sekitar 8000 mahasiswa asing atau 24% dari jumlah mahasiswa keseluruhan. Tidak hanya belajar, kalian juga berkesempatan mengenal budaya dari mahasiswa yang berasal dari berbagai negara.

5.Freie University of Berlin (FU Berlin)

Bagi yang tertarik dengan program studi Humaniora dan Ilmu Sosial, Freie University of Berlin bisa menjadi pilihan utama. Karena mereka memang menjadi salah satu yang terbaik di Jerman untuk bidang Sosial. Universitas yang sudah beroperasi sejak tahun 1948 ini memiliki visi internasional.

Terbukti FU Berlin membuka kantor cabang di berbagai negara besar di dunia seperti Amerika Serikat, China, Rusia, India, dll. Dengan presentase mahasiswa asing mencapai 21%, jelas FU Berlin sangat recommended bagi mahasiswa pelajar di luar Jerman.

6.University of Heidelberg

Siapapun akan bangga bisa kuliah di universitas bersejarah. Di Jerman, sensasi belajar di zaman Renaissance akan dirasakan bagi kalian yang bisa kuliah di Universitas Heidelberg. Tidak perlu jauh-jauh mencari hiburan, kalian akan segar kembali dengan melihat lingkungan kampus yang memiliki pemandangan sangat indah.

Sebagai universitas tertua di Jerman, Universitas Heidelberg masih menjadi salah satu yang terbaik di bidang sains. Mereka juga menawarkan pengajaran berkelas dunia dalam bidang Kedokteran, Bisnis, Ilmu Sosial, Hukum, Humaniora, Psikologi, dll.

Nah itu tadi 6 Universitas di Jerman yang memiliki mahasiswa asing terbanyak. Sekarang kalian pasti sudah memiliki gambaran universitas mana yang hendak dipilih. Jangan takut bermimpi kuliah di Jerman ya, karena kalian akan mendapat pengalaman tak terlupakan di negara yang sangat indah.

More From: Gaya Hidup