Orang Terkaya ke 3 di Indonesia ini Ternyata Cuman Lulusan SMP


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Hanya tamatan SMP, Prajogo Pangestu berhasil mengangkat derajatnya hingga berhasil masuk dalam deretan orang terkaya di Indonesia.

Kisah hidupnya ini pun seakan membukakan mata dan pikiran kita, yang mungkin selama ini kerap memandang orang dengan pendidikan rendah dengan sebelah mata.

Ya, latar belakang pendidikan seseorang acap kali dijadikan sebagai tolak ukur kesuksesannya di masa mendatang.

Jika pendidikannya tinggi, maka semakin tinggi pula kesuksesan yang akan diraihnya, menurut pandangan masyarakat. Begitu sebaliknya, jika hanya bertamatan pendidikan rendah, maka kecil harapan mereka untuk memiliki hidup sejahtera.

Tapi kisah hidup Prajogo Pangestu ini mematahkan semua pandangan dan penilaian tersebut.

Karena sejatinya, kunci kesuksesan bukan terletak pada latar belakang pendidikan atau kehidupan, tapi pada kemampuan dan tekad yang kuat.

Dengan modal sederhana itu, Prajogo, anak dari seotang pengumpul getah karet dan penjahit paruh waktu, berhasil mendirikan PT Barito Pacific Group, yang bahkan kini telah memiliki beberapa anak perusahaan yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.

Perubahan hidup yang menakjubkan dari seorang Prajogo itu bermula pindah ke Jakarta pada 1960 dari kampung halamannya, Bengkayang, Kalimantan Barat.

Di sana, Prajogo bekerja bersama sepupunya dalam bisnis emas.

Lima tahun setelahnya, Prajogo bertemu dengan Burhan Uray, pemilik PT Djajanti Group, yang bergerak di bidang industri kayu.

Dari pertemuan itu, Prajogo mendapat kesempatan emas untuk bekerja, bergabung dalam perusahaan Burhan. Dan berkat keuletan serta kepiawaiannya, Prajogo lantas naik pangkat menjadi general manager.

Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik olehnya untuk mempelajari bisnis kayu. Dari situlah, Prajogo akhirnya mendirikan bisnis kayunya sendiri yang diberi nama PT Bumi Raya Pura Mas Kalimantan (yang kini telah berubah nama menjadi PT Barito Pacific), setelah menguasai seluk beluk bisnis kayu.

Bisnis yang ia rintis itu berkembang pesat hingga bisa memiliki beberapa anak perusahaan lain.

Prajogo yang kini menginjak usia 75 tahun akhirnya menempati peringkat ke-3 orang terkaya Indonesia dengan total kekayaan mengagumkan sebesar Rp 114,8 triliun, demikian mengutip vivanews.com.

More From: Berita Menarik