Usai Dilanda Banjir Bandang, Warga di Lebak ini Tangkap Ribuan Ikan Besar di Sungai Cianjuk


via: kompas.com

Palingseru.com – Bencana banjir kini menerjang beberapa wilayah Indonesia. Rumah-rumah penduduk pun terkena dampak banjir, dengan ikut tergenang air. Bukan hanya rumah, sejumlah kendaraan pribadi pun ikut tenggelam bahkan hanyut.

Di sini, tentu saja ada kerugian yang dialami warga. Namun seperti kalimat yang sering kita dengar, bahwa semuanya pasti ada hikmah.

Ya, usai banjir bandang, ribuan ikan muncul di sungai di Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Sontak, warga sekitar beramai-ramai turun ke sungai untuk menangkap ikan. Akivitas menangkap ikan ini pun tidak sulit, bisa menggunakan tangan kosong lantaran kondisi ikan yang sudah mabuk.

“Sekitar pukul 15.00 WIB. Ikan mabuk karena air sungai banyak lumpurnya, mereka pada minggir ke tepi sungai, jadi banyak warga yang tangkap karena ikannya juga ribuan,” kata Dace Permana, warga dari Kampung Salahaur, Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung.

Adapun jenis-jenis ikan tersebut, yakni ikan Caung, Raranca, Tawes, Lubang hingga Boloho yang merupakan ikan khas dari Sungai Ciujung, demikian sebagaimana dilansir Kompas.com.

Menurut Dace, ini adalah fenomena ikan muncul ke permukaan yang tidak biasa dari insiden banjir sebelum-sebelumnya.

“Yang ini sangat banyak (ikannya), biasanya ada mengambang satu dua, tapi yang sekarang di pinggiran itu banyak sekali, tinggal diserok pakai tangan kosong juga bisa,” ucapnya.

Atas fenomena kemunculan ikan itu, Dace pun mengaku dibuat untung. Sebab ikan yang ditangkapnya sebanyak lima kilogram berhasil terjual senilai Rp 200.000.

More From: Berita Menarik