Pemilik Pabrik Kue ini Jadi Tersangka Setelah 5 Tahun Bikin Kue Kering Pakai Telur Busuk


via: kompas.com

Palingseru.com – Tentu saja, keuntungan besar, yang mendorong pemilik usaha pembuatan kue kering sampai berbuat tega seperti ini.

Demi mendapatkan keuntungan banyak, sang pemilik pembuatan kue kering, IS, rela melakukan apa saja termasuk menggunakan bahan dasar telur busuk. Persoalan terganggunya kesehatan konsumen pun tak lagi dihiraukan atau diperdulikan.

Bayangkan saja, dengan menggunakan telur busuk, sang pemilik bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta.

“Rumah produksi makanan ringan itu beromset puluhan juta per bulannya karena berdasarkan pengakuannya, produksi dilakukan seminggu empat kali dan dalam sekali produksi bisa mendapatkan omset Rp 4,5 juta yang diedarkan di wilayah Tapal Kuda,” ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jatim Kombes Pitra Andrias Ratulangi, dikutip Kompas.com.

Sementara bahan dasar telur busuk, lanjut Kombes Pitra, “Diperoleh dari seseorang berinisial S dari Probolinggo dengan harga Rp 300 per butir yang dikirim setiap seminggu dua kali dengan jumlah sekitar 3.000 hingga 5.000 butir sekali kirim.”

Tapi beruntung, aksi curangnya ini telah tercium dan IS telah ditetapkan sebagai tersangka.

Penggeledahan tempat usaha kue keringnya yang berlokasi di Desa Tukum, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Selasa (7/1/2020) lalu merupakan buntut dari laporan warga sekitar, yang merasa resah dengan bau tak sedap di setiap industri rumahan kue kering itu menjalankan operasinya.

Saat itu pula, terkuak fakta baru, bahwa tempat usaha itu tidak mengantongi surat izin dari Dinas Kesehatan maupun BPOM, meski sudah lima tahun beroperasi.

Dalam kasus ini, IS akan dijerat dengan pasal 35 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

More From: Berita Menarik