Mulai 2020, STNK yang Mati 2 Tahun Berturut-turut Kendaraan Anda Bakal Jadi Barang Rongsokan


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Pihak Sistem administrasi manunggal satu atap atau disingkat Samsat dan Kepolisian Indonesia kini semakin tegas dalam menindaklanjuti kebiasaan masyarakat dalam menunda pembayaran pajak.

Jika sebelumnya hanya berupa penilangan, tapi di tahun 2020 ini, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan melakukan penghapusan atau blokir data kendaraan bagi yang tidak membayar pajak, dengan diperkuat bukti dari tidak adanya pengesahan ulang surat tanda nomor kendaraan (STNK) selama dua tahun berturut-turut.

Bagi pengendara yang kedapatan memiliki STNK sudah tidak aktif selama 2 tahun, maka otomatis kendaraan mereka menjadi barang rongsok, karena tidak ada opsi pemutihan atau registrasi ulang.

“Benar kami sedang melaksanakannya, tapi saat ini dimulai untuk kendaraan yang sudah tidak layak pakai dahulu. Kendaraan-kendaraan yang sudah lama ditinggalkan atau tidak digunakan karena rusak berat dan sebagainya. Kemudian nanti baru berlanjut ke sana,” kata Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Halim Pagarra, dikutip Warta Kota.

Aturan tersebut berlaku baik bagi kendaraan roda empat maupun roda dua.

Kepolisian pun bakal sering menggelar operasi razia di seluruh wilayah Indonesia untuk menumpas kebiasaan masyarakat yang enggan membayar pajak.

“Rencananya ada razia gabungan tahun ini, kalau menunggak pajak kendaraan selama dua tahun, maka sesuai aturan data (STNK) akan dihapus,” kara Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, Faisal Syafruddin.

More From: Berita Menarik