Hanya Lulusan SD, Pria di Sulawesi ini Berhasil Buat Pesawat dan Bisa Menerbangkannya


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Satu lagi, kisah pria hanya tamatan SD (Sekolah Dasar) yang membuat bangga Indonesia. Adalah Haerul, pria 33 tahun yang baru saja berhasil menerbangkan pesawat rakitannya sendiri.

“Alhamdulilah sudah berhasil kami terbangkan,” ucap dia.

Haerul melakukan uji coba penerbangan pesawatnya di Pantai Ujung Tape, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, pada Rabu (15/1/2020) lalu.

Sorakan tepuk dan teriakan kegembiraan dari keluarga, tim dan pengunjung pantai pun menyambut keberhasilan Haerul.

Mengenai pembuatan pesawat tersebut, Haerul mengaku tak terinspirasi oleh siapa pun. Dia bahkan juga tak mengambil sekolah kursus, cukup hanya dibantu media pembelajaran di YouTube.

“Kami hanya berbekal petunjuk video yang ada di youtube,” paparnya.

Pembuatan pesawat pun, diakuinya, tidak dilakukan secara niatan serius.

“Hanya coba-coba. Kebetulan sejak kecil suka dunia pesawat,” tuturnya.

Namun siapa sangka, sejak mulai dirakit pada Oktober tahun 2019, pria kelahiran 1985 ini akhirnya berhasil menyelesaikan proses pembuatan pesawat tersebut dengan menghabiskan dana senilai Rp 25 juta, melansir TribunSurabaya.com.

Untuk bahan bakarnya sendiri, pesawat yang menggunakan mesin motor Kawasaki 2T itu menggunakan bensin.

Usaha yang dilakukan oleh Haerul ini telah terdengar hingga ke Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid. Dia mengaku bangga dan akan memberinya apresiasi.

“Tentu kami patut berbangga, karena ada putra daerah yang mampu melakukan hal yang luar biasa itu (menerbangkan pesawat),” kata Andi Irwan.

“Apa yang dilakukan Haerul bukanlah hal mudah. Butuh kemampuan khusus untuk itu. Oleh karenanya, kami sangat memberi apresiasi,” lanjutnya.

More From: Berita Menarik