Viral Daging Bakso Berisi Kaki Tikus, Saat Dilakukan Pemeriksaan Bakso Sugeng Dipastikan Negatif Daging Tikus


Palingseru.com – Video tuduhan Ris dan Dil bahwa bakso Sugeng Riyadi mengandung daging tikus terlanjur viral. Warga Desa Sumbergandu, Pilangkenceng, itu merugi jutaan rupiah. Hanya segelintir pembeli yang datang pasca isunya tersebar luas di dunia maya, Sabtu (25/1).

Jumat (31/1), Satreskrim Polres Madiun merilis bahwa video yang disebar dua perempuan itu hoax. Daging dari dalam bakso bukan kaki tikus, melainkan pangkal lidah sapi. Hasil penyelidikan dan uji laboratorium sampel bakso dari tiga lokasi berbeda. Lantas, apakah penyebarnya bakal dipidana?

Kasatreskrim Polres Madiun AKP Logos Bintoro memastikan penyelidikan tetap dilanjutkan. Namun, dia tidak menjelaskan ihwal kemungkinaan pengenaan jerat pidana. Misalnya, pencemaran nama baik atau Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) 19/2016. Melainkan pendalaman motif Ris dan Dil mengunggah video tersebut. ‘’Status peng-upload video sebagai saksi,’’ katanya Jumat (31/1).

Dalam pers rilis, polisi mempertemukan Ris dan Dil dengan Sugeng. Kedua perempuan itu meminta maaf. Alasan mengunggah video ke medsos untuk mengingatkan agar masyarakat berhati-hati. Keputusan itu dilakukan spontanitas setelah menemukan sesuatu dari dalam bakso yang dianggap kaki tikus. ‘’Refleks browsing (foto kaki tikus, Red), ternyata hasilnya sama,’’ ujar Ris.

Ris menyebut, video sebatas dijadikan WhatsApp story. Tidak disebar ke medsos lain. Sebab tidak punya niatan memviralkan. Namun, unggahan itu beredar cepat hingga membuat geger. ‘’Kami akan membantu klarifikasi karena hasilnya negatif,’’ katanya.

Sementara itu, Sugeng menyebut kedainya sepi mampring. Hanya ada satu-dua pengunjung pasca video viral. ‘’Hilang omzet Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per hari,’’ ungkapnya.

Meski begitu, Sugeng bimbang antara menuntut atau tidak. Dia tidak menjawab ketika ditanya hal tersebut.

Sumber: RadarMadiun

More From: Berita Menarik