6 Anak Yang Jadi Yatim Piatu Dalam Sehari Disekolahkan Oleh Jokowi Menggunakan Uang Pribadi Miliknya


via: kompas.com

Palingseru.com – Ditinggal pergi oleh kedua orangtua secara sekaligus dalam sehari, membuat siapa pun iba pada nasib keenam bersaudara di Balikpapan, Kalimantan Timur ini.

Tak terkecuali bagi orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Apalagi, dia memiliki tugas khusus dari profesinya sebagai Kepala Negara, yakni memelihara fakir miskin dan anak-anak terlantar, sebagaimana tercantum dalam peraturan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45) Pasal 34 ayat 1.

Namun, bantuan yang diberikan presiden berupa biaya pendidikan bukan menggunakan anggaran negara, melainkan uang pribadi.

“Presiden sendiri pakai duit pribadi menjamin biaya pendidikan masing-masing anak,” Kepala Dinas Sosial Balikpapan Purnomo, membenarkan.

Keenam anak itu akan dijamin pendidikannya hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Bantuan tersebut kini telah disalurkan melalui Pemerintah Kota Balikpapan, seperti dilansir Kompas.com.

“Mereka sudah dibukakan rekening masing-masing,” terang Purnomo.

Tidak hanya bantuan pendidikan, keenam bersaudara yang kini tinggal bersama kakek dan neneknya itu juga diberikan bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Saat ini, keenam anak yatim piatu itu terus diberikan pendampingan oleh psikolog dan UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

“Mereka semua sehat. Psikis anak-anak juga baik. Tidak ada gejala traumatik,” terang Purnomo terkait kondisi terkini keenam bersaudara usai ditinggal pergi ayah-ibunya pada Minggu (23/2/2020).

More From: Berita Menarik