Satu Keluarga ini Tewas Gara Gara Makan Ikan Buntal dan Tinggalkan Satu Balita Yang Harus Hidup Sendiri


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Sebagai salah satu negara penghasil ikan terbesar di dunia, tidak heran jika ikan-ikan begitu melimpah di lautan Indonesia. Hal ini jelas menjadi penyelamat bagi (maaf) keluarga kurang mampu. Mereka yang tak memiliki uang bisa mencari ikan di laut untuk makan keluarga di rumah.

Tapi yang perlu diperhatikan, tidak semua jenis ikan yang ada di perairan Indonesia bisa dikonsumsi. Sebab, ada beberapa diantaranya yang mengandung racun.

Ikan buntal, misalnya. Ikan yang dapat mengembang atau membesar sendirinya saat disentuh tangan manusia ini mengandung racun. Bahkan efek racun ikan ini tidak main-main. Seperti diberitakan TribunJateng.com, tiga anggota keluarga di Banyuwangi, Jawa Timur, yang terdiri dari suami istri dan mertua, yakni Muhlis Hartono (65), Dewi Ambarwati (50), dan Siti Habsah (80) tewas usai menyantap hidangan ikan buntal.

Ikan buntal sendiri sebenarnya dapat dikonsumsi. Hanya saja, harus dengan cara pengolahan tepat dan sangat hati-hati.

Jika tidak, maka racun dalam tubuh ikan tersebut dapat ikut termakan. Inilah mungkin yang menyebabkan ketiganya meninggal dunia setelah memakan ikan buntal dua hari berturut.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin menerangkan, ketiga korban yang tinggal serumah menyantap ikan buntal hasil pancingan Muhlis pada Senin (9/3/2020). Saat itu, ketiganya sudah merasakan efek racun ikan tersebut, yakni mengalami pusing. Akan tetapi hal itu tidak disadari.

“Hari selanjutnya, Selasa, mereka masih makan itu. Lalu mereka mengeluh mulas dan muntah-muntah,” lanjut Kapolresta.

Ketiga korban akhirnya dilarikan ke puskesmas setempat, namun nyawa mereka tak tertolong.

“Mereka meninggal lantaran keracunan,” ucap Kapolresta.

Kepergian tiga anggota keluarga sekaligus itu menyisakan seorang anak balita seorang diri.

“Dalam rumah itu ada 4 orang. Yang 1 masih balita, kini dirawat kerabat sana,” terang Kapolresta.


Like it? Share with your friends!