Kisah Guru Honorer Belum Dapat Gaji Ditagih Janji Belikan Permen Oleh Muridnya Bikin Terenyuh


via: today.line.me

Palingseru.com – Sekali lagi, tersaji fakta memilukan dari seorang guru honorer. Di Indonesia, guru honorer memang jauh dari kata sejahtera. Mereka mempunyai gaji yang jauh lebih rendah dari mereka yang sudah PNS. Bahkan (maaf) jika harus dibandingkan dengan asisten rumah tangga (ART), upah yang didapat mereka cukup jauh, lebih besar pendapatan ART.

Padahal, beban kerja seorang guru honor juga cukup berat. Bahkan tak jarang ada guru honor yang beban kerjanya lebih berlipat-lipat.

Belum lagi perjuangan mereka selama bertahun-tahun selama mengenyam bangku kuliah untuk meraih gelar sarjana, yang tentunya tak memakan biaya sedikit. Namun entah kenapa, tenaga seorang guru honorer seolah tiada harga.

Banyak kisah di berbagai daerah di tanah air jika gaji guru honorer hanya 100-500 ribu per bulan. Ada pula yang gajinya tidak diberikan hingga berbulan-bulan lamanya, seperti yang tersaji dalam kisah memilukan seorang guru honorer di salah satu sekolah dasar di Purworejo, Jawa Tengah, melansir today.line.me.

Sudah beberapa bulan ini, gaji yang menjadi haknya belum juga diberikan. Hatinya semakin teriris tatkala para muridnya menagih janji untuk dibelikan permen, seperti percakapan dalam video yang diunggah @yanbudi18.

“Kalian ngapain pada ngerubung pak guru?” tanya sang guru.

“Pak guru kok belum gajian” tanya para murid.

“Mau apa kalau pak guru sudah gajian,” tanya sang guru kembali.

“Katanya mau beliin permen,” ucap polos para murid.

“Ya besok to kalau pak guru sudah gajian. Makanya doain biar pak guru gajian, ya?” ujar guru tersebut, yang langsung dibalas ‘Aamiin’ dari para muridnya.

Akun @yanbudi18 yang mengunggah video tersebut merasa miris melihat kondisi ini.

“Teriris-iris rasanya kalo ditanya seperti ini. Maafkan pak guyu ya nak. Pak guyu cuma guru honorer (Yg gak pernah jelas dapat upahnya),” tulis akun @yanbudi sebagai keterangan.

More From: Berita Menarik