Ada yang Alami Demam Tinggi, Peserta Ijtima Dunia 2020 dirujuk ke RS Haji Makassar


via: kompas.com

Palingseru.com – Virus Corona kini benar-benar menjadi ancaman. Bukan hanya terkait kesehatan dan keselamatan, namun juga pada perekonomian serta aktivitas penduduk dunia. Berbagai acara seperti konser hingga pertemuan penting terpaksa dibatalkan demi keamanan.

Termasuk satu diantaranya Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Pakkato, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Pertemuan penting yang dihadiri oleh ribuan jemaah dari berbagai negara ini resmi ditutup atau dibatalkan.

“Kita sudah siagakan tim medis di lokasi Ijtima hingga seluruh peserta membubarkan diri. Karena, Ijtima Dunia 2020 resmi ditunda. Kita juga akan memfasilitasi para peserta hingga pulang ke daerahnya masing-masing,” kata Gubernus Sulsel Nurdin Abdullah, dilansir Kompas.com.

Apalagi, bersamaan mendekati hari penyelenggaraan acara tersebut, salah seorang peserta Ijtima Dunia mengalami demam tinggi. Peserta Ijtima yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) itu sampai dirujuk ke Rumah Sakit Haji Makassar.

“Sampai sekarang, belum ada laporan peserta Ijtima yang suspect virus corona. Tapi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, melaporkan ada seseorang warga NTT yang menjadi peserta Ijtima yang mengalami demam tinggi dan sudah dirujuk ke RS Haji, Makassar,” ucap Nurdin.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel Ibrahim Tompo mengungkapkan, 478 Warga Negara Asing (WNA) dari 48 negara yang menjadi peserta kegiatan Ijtima Ulama Dunia 2020 Zona Asia sudah dikarantina atau dilokalisasi sambil menunggu jadwal kepulangan mereka.

“Untuk WNA, akan dikarantina namun bukan protocol Covid-19, tetapi karantina menunggu keberangkatan sesuai tiketnya,” kata Ibrahim.

More From: Berita Menarik