Peneliti ITB Prediksi Penyebaran Virus Corona Akan Terhenti di Bulan April


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Seperti di negara asalnya, di Wuhan, China, penyebaran wabah virus Corona di Indonesia kini juga terus meningkat dan bertambah, sejak Indonesia pertama kali terdeteksi pada Senin, 2 Maret 2020 lalu.

Bayangkan, dalam 14 hari kedepannya saja, total kasus positif Corona sudah mencapai 117 kasus, dimana 5 kasus meninggal dunia.

Jumlah kasus positif Corona kemungkinan terus bertambah dari hari ke hari, mengingat belum ditemukan vaksin Covid-19.

Namun baru-baru ini peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) mempublikasikan hasil simulasi dan permodelan sederhana mengenai prediksi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, dimana hasilnya menunjukkan penyebaran virus Corona akan berakhir di pertengahan April 2020.

Pandemi tersebut diperkirakan berakhir pada saat kasus harian baru terbesar berada di angka sekitar 600 pasien.

“Dalam penelitian ini, kami berusaha menjawab pertanyaan mendasar tentang epidemic yang sedang terjadi saat ini di Indonesia melalui suatu model matematika sederhana,” kata tim peneliti Nuning Nuraini, dilansir dari TribunJatim.com.

Nuning menjelaskan, hasil prediksi tersebut didapat melalui model Richard’s Curve Korea Selatan, model yang pernah berhasil memprediksi awal, akhir, serta puncak endemi wabah SARS di Hong Kong pada 2003 silam.

“Bisa dikatakan, jika kita punya penanganan yang mungkin sama, sesuai dengan publikasi yang ada dengan Korea Selatan, tanpa memasukkan faktor kompleksitas lainnya seperti temperature lingkungan, kelembapan dan lainnya, seharusnya kita bisa mendapat kesimpulan yang sama persis dengan apa yang ditulis pada publikasi kami,” tutur Nuning.

Hanya saja, Indonesia tidak bisa sepenuhnya meniru Korea Selatan. Sebab negara tersebut menjadi salah satu negara yang paling baik dalam penanganan Covid-19.

Namun setidaknya, dengan adanya pembatasan kontak fisik (social distancing) yang sedang diterapkan pemerintah, dapat memutus rantai penularan virus mematikan tersebut.

More From: Berita Menarik