Nekat Gelar Acara Pernikahan di Tengah Wabah Corona Akan Dipenjara 1 Tahun


via: suara.com/Kapolri Jenderal Idham Aziz

Palingseru.com – Ketika penduduk di negara-negara lain patuh terhadap aturan dan arahan pemerintah, berbeda halnya dengan di Indonesia.

Meski pemerintah dengan tegas mengeluarkan himbauan untuk diam di rumah guna mencegah penyebaran virus Corona, tetap saja masyarakat masih melakukan aktivitas di luar rumah.

Hal tersebut mungkin masih dimaklumi bagi para karyawan, namun di sini, orang-orang yang keluar rumah justru tidak berkepentingan. Mereka asyik nongkrong atau berkumpul di warung kopi atau café-café.

Hal ini lantas membuat pemerintah beserta aparat negara turun tangan, dengan melakukan penyisiran di tempat-tempat umum maupun café untuk melakukan penertiban.

Tidak hanya itu, aksi penertiban juga menyasar pada penyelenggara acara, seperti pernikahan.

Dalam hal ini, Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz mengeluarkan maklumat agar personelnya menjatuhkan sanksi hukum bagi orang yang masih berkumpul atau mengadakan acara di tengah wabah virus corona.

“Kami akan proses hukum dengan Pasal 212 KUHP, barangsiapa yang tidak mengindahkan petugas yang berwenang yang melaksanakan tugas bisa untuk kepentingan bangsa dan negara, dipidana. Kami tambahkan Pasal 216 dan 218,” terang Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal, dilansir suara.com.

Adapaun ancaman pidana bagi para pelanggar, yakni 1 tahun penjara.

More From: Berita Menarik