Miris! Bukan Menghindar, Warga Ramai-Ramai Nonton Pasien yang diduga Corona di RSUD Tasikmalaya


via: kompas.com

Palingseru.com – Beragam berita terkait ganasnya virus Corona atau COVID-19 ternyata tidak memberikan efek takut ataupun waspada bagi masyarakat Indonesia.

Virus yang bertanggungjawab atas kematian ribuan nyawa ini seolah dianggap suatu permasalahan sepele, hingga memutuskan tetap bepergian atau nongkrong di luar rumah, serta mendatangi tempat-tempat pusat keramaian.

Bahkan yang lebih menggeleng-gelengkan kepala lagi, puluhan warga ‘menonton’ secara langsung dua orang pasien dalam perawatan (PDP) virus Corona di RSUD Soekardjo Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dua PDP yang hendak dibawa petugas medis menuju ruang isolasi khusus itu dijadikan tontonan warga pada Jumat (20/3/2020) pagi. Mereka yang begitu penasaran hanya terlihat menutup mulut dan hidungnya memakai kedua tangan, seperti dilansir Kompas.com.

“Ini masalah edukasi yang terus kita optimalkan kepada masyarakat. Padahal itu kan tenaga medisnya sendiri pakai alat pelindung diri lengkap. Kita akan lebih tekankan sosialisasinya kepada masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat.

Sementara di wilayah Kota Tasikmalaya, lanjut Uus, penyebaran virus corona mengalami peningkatan secara signifikan.

Dalam waktu sehari, jumlah ODP mengalami peningkatan hampir dua kali lipat.

“Kemarin kita masih ada 22 orang, tetapi update pagi hari ini, ODP sudah mencapai 41 orang. Dari 41 ODP itu, sebanyak 31 masih dalam pemantau, sisanya sudah selesai (dinyatakan sembuh) 8 orang,” ujar Uus.

More From: Berita Menarik