Viral Pengunjung Supermarket Diusir Ketika Belanja di Supermarket Menggunakan APD


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Sejak Indonesia terdeteksi positif terjangkit Virus Corona atau Covid-19 pada awal Maret lalu, masyarakat langsung menjadi panik dan was-was. Sikap melindungi diri pun lantas kian ditingkatkan. Seperti memperbanyak mencuci tangan, menggunakan masker, dan karantina di rumah, sesuai imbauan pemerintah.

Namun, ada pula yang sampai bertindak berlebihan. Seperti apa yang dilakukan oleh dua pengunjung supermarket yang terletak di sebuah pusat perbelanjaan, Lotte Mart Gandaria.

Dua pengunjung tersebut datang ke supermarket dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap layaknya tenaga medis.

Tindakan kedua pengunjung itu pun langsung ditindak tegas pihak supermarket. Keduanya diminta segera menyelesaikan belanjaannya karena dinilai meresahkan pengunjung lainnya. Tidak hanya itu, kedua pengunjung itu juga diserahkan ke pihak security mall, seperti dilansir TribunSurabaya.com.

Di media sosial, aksi kedua pengunjung yang tak diketahui identitasnya itu juga mendapat kecaman keras.

Praktisi Pelayanan Kesehatan sekaligus Juru Bicara Rumah Sakit UNS Solo, dr Tonang Dwi Ardyanto, SpPK, Ph.D bahkan turut angkat bicara.

Menurutnya, penggunaan APD di tengah pandemi corona bukan membantu melindungi diri, tapi justru menimbulkan kekhawatiran serta kepanikan bagi orang sekitar.

“Penggunaan berlebihan itu menimbulkan kekhawatiran dan kepanikan bagi yang lain, maka sebaiknya dihindari,” tuturnya.

Di samping itu, penggunaan APD oleh orang awam atau secara pribadi juga akan berdampak pada persediaan APD yang kini kian menipis.

“Saat ini, di RS justru khawatir bahwa persediaan APD menipis dan tidak mudah membelinya di pasaran. Maka, bila ada yang menggunakan secara berlebihan di luar RS, sebaiknya dihindari agar justru bisa digunakan pada tempat yang lebih memerlukan,” tegasnya.

More From: Berita Menarik