Akibat Wabah Corona, Menteri Keuangan Sri Mulyani Wacanakan Sunat Uang THR PNS


via: liputan6.com

Palingseru.com – Secara perlahan, virus Corona atau Covid-19 yang berasal dari Wuhan, China merusak perekonomian negara yang terinfeksi.

Indonesia, termasuk tentunya. Saat ini, beban keuangan negara begitu besar akibat pandemi virus corona.

Hal ini membuat pemerintah terpaksa mengambil berbagai keputusan di luar dugaan.

Diantaranya melakukan pembebasan terhadap 30.000 narapidana umum melalui program asimilasi dan integrasi untuk mencegah penyebaran virus lebih luas, serta menghemat anggaran negara.

Seperti disampaikan Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produkasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Yunaedi, anggaran negara untuk kebutuhan warga binaan pemasyarakatan (WBP) hemat hingga Rp 260 miliar.

Angka tersebut merupakan hasil perhitungan dari 270 hari (April-Desember) dikalikan Rp 32 ribu biaya hidup (makan, kesehatan, pembinaan, dll), kemudian dikalikan 30.000 orang.

Dan kekinian, Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Sri Mulyani Indrawati juga tengah mempertimbangkan keputusan terkait penundaan penyaluran atau pemangkasan besaran pembayaran gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kami bersama Presiden Joko Widodo meminta kajian untuk pembayaran THR dan gaji ke-13 apakah perlu dipertimbangkan lagi mengingat beban negara yang meningkat,” ujar Kemenkeu Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama komisi XI DPR, di Jakarta, Senin (6/4). Demikian dilansir liputan6.com.

More From: Berita Menarik