Tak Hanya Manusia, 6 Hewan Ini Juga Melakukan Puasa


via line today

Palingseru.com – Sudah bukan rahasia umum bahwa setiap bulan Ramadhan tiba, seluruh umat Muslim akan melangsungkan puasa. Tujuannya ialah untuk melatih diri agar dapat menghindari dosa-dosa di hari yang lain di luar Ramadhan, dan juga dapat membuat kita lebih bersyukur atas setiap nikmat yang diberikan Allah SWT.

Dan pada tahun ini, puasa jatuh pada tanggal 24 April lalu. Ya, sudah lima hari umat Muslim menjalankan ibadah puasa.

Namun tahukah kamu, bahwa puasa juga dijalani oleh makhluk hidup lain, selain manusia. Makhluk hidup yang dimaksud adalah hewan. Sedikitnya, ada enam hewan yang juga melakukan puasa dalam hidupnya.

Lantas, hewan apa saja dan apa tujuannya? Mari simak informasinya di bawah, dilansir dari today.line.me.

1.Unta

via: today.line.me

Hewan yang hidup di habitat kering dan gurun pasir ini dapat puasa selama beberapa hari. Hal ini mengingat kondisi habitatnya yang jarang ditumbuhi tumbuh-tumbuhan. Di samping itu, unta juga memiliki lemak di bagian punaknya, yang menjadi sumber energi cadangan bagi unta setelah menyantap banyak makanan dan minuman.

2.Ular

via: today.line.me

Seperti unta, hewan reptile ini juga memiliki cadangan makanan yang terletak di perutnya. Karenanya, ular dapat berpuasa selama beberapa hari bahkan satu minggu lamanya, jika cadangan makanan tersedia banyak.

Selain itu, tujuan puasa bagi ular ialah untuk meningkatkan suhu tubuhnya.

3.Beruang

via: today.line.me

Hal ini berhubungan dengan masa hibernasi beruang yang terkenal dengan waktu cukup panjang. Pada masa hibernasi, beruang akan tidur dan baru terbangun ketika musim dingin berakhir. Atau menghabiskan waktu sekitar 6-8 bulan.

Dan selama itulah, beruang berpuasa. Namun di luar masa hibernasi, beruang juga sanggup menahan lapar dan haus hingga 3 bulan lamanya.

4.Hiu

via: today.line.me

Tak ada yang pernah menyangka jika predator laut ini juga melakukan praktik puasa dalam kehidupannya.

Bahkan, waktu berpuasa hiu melebihi beruang, hingga bisa mencapai 2 tahun lamanya. Meski sangat lama berpuasa, hal itu justru tidak mengurangi energi hiu. Malah, semakin lama hiu berpuasa, maka semakin lincah dan ganas ketika memburu mangsa.

5.Ayam Betina

via: tribunnews.com

Seperti hewan keempat di atas, ayam betina juga memiliki tujuan tertentu dalam praktik puasanya. Yakni untuk meningkatkan suhu tubuhnya selama mengerami telur, sehingga telur-telur yang dieraminya dapat menetas dengan sempurna.

6.Siput

via: today.line.me

Ini mungkin sedikit mengejutkan kita semua. Hewan kecil ini ternyata juga menerapkan praktik puasa dalam hidupnya. Namun tak seperti hewan lainnya, siput berpuasa untuk mengindari perubahan iklim, seperti musim dingin dan musim panas.

Selama itu, siput akan bersembunyi di bawah tanah, dan baru akan keluar pada malam harinya.

More From: Berita Menarik