Polisi Bakal Pukul Mundur Masyarakat yang Takbiran Keliling Saat PSBB


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Banyak tradisi dan budaya unik yang kita jumpai pada masyarakat kita, untuk menyambut Lebaran atau perayaan hari raya Idul Fitri. Diantaranya ialah melakukan takbiran secara keliling.

Hanya saja, pada tahun ini, tradisi takbir keliling ditiadakan, mengingat Indonesia sedang diwabah virus corona atau Covid-19.

Hal ini bahkan sudah ditegaskan dalam Seruan Bersama nomor C-088/DP-PXI/V/2020 dan Nomor 2.475/SB.DMI-DKI/V/2020 tentang Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 H, yang didalamnya juga melarang diadakan takbiran keliling.

Dengan adanya aturan tersebut, warga pun diharapkan untuk mematuhinya. Karena jika tidak, warga yang kedapatan tetap melakukan takbir keliling akan dipukul mundur, sebagaimana disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas PMJ) Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

“Saya pikir kita semua sudah paham dan jelas, bahkan sudah keluar juga surat dari MUI bahwa takbiran dan Solat Ied dilaksanakan di rumah. Khusus untuk takbiran kami akan lebih keras lagi di lapangan. Kami akan pukul mundur,” tegasnya.

Terlebih lagi, menurutnya, DKI Jakarta masih memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

“Imbauan dari MUI sudah jelas, melaksanakan takbiran di masjid atau di rumah masing-masing. Sekali lagi kami imbau masyarakat agar tidak melaksanakan takbir keliling. Kami akan tindak tegas untuk itu,” ujarnya, dikutip dari Warta Kota, Rabu (20/5).

More From: Berita Menarik