Gara Gara Takut Ketularan Corona, Kakek 70 Tahun yang Pingsan di Pasar ini Tak Ada yang Mau Menolong


via: kompas.com

Palingseru.com – Sejak virus corona atau Covid-19 mewabah di Indonesia, masyarakat jadi merasa dilema ketika menyaksikan seseorang di sekitar mereka jatuh pingsan.

Antara rasa kasihan dan takut, bercampur aduk di hati mereka.

Ya, di satu sisi warga kasihan dan berniat ingin menolong. Namun di sisi lain perasaan takut terpapar virus corona juga menyertai. Sehingga lebih memilih untuk tidak menolong, dan menyerahkan kepada pihak berwajib serta tenaga medis.

Hal ini pula yang mewarnai insiden pingsannya seorang kakek bernama Anis Waluyo. Kakek 70 tahun itu mendadak pingsan saat belanja di Pasar Cik Puan, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (21/5/2020).

“Kejadiannya pagi sekitar jam 07.00 WIB. Pedagang lain enggak ada yang berani menolong karena sekarang kan lagi corona,” ujar Yogi Putra (35), pedagang Pasar Cik Puan, dilansir Kompas.com.

Menurut Yogi, sebelum jatuh pingsan, lansia itu lebih dulu mengalami kejang-kejang sampai tubuhnya lunglai.

Hal itu pula yang membuat orang sekitarnya semakin takut untuk menolongnya, menduga itu adalah gejala dari virus corona.

Kakek itu baru dievakuasi beberapa saat setelahnya, oleh petugas Puskesmas Langsat yang datang menggunakan seragam hazmat.

“Tadi sudah dibawa ke puskesmas pakai ambulans,” kata Yogi.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari ketua RW tempat tinggal sang kakek, kakek itu mengalami penyakit jantung.

More From: Berita Menarik