Nekat Ambil Paksa Jenazah PDP Corona, 31 Orang di Makassar ini Ditangkap Polisi


via: kompas.com

Palingseru.com – Sempat menang dari tim gabungan TNI dan Polri saat pengambilan paksa jenazah pasien dalam pengawasan di tiga rumah sakit Kota Makassar. Kini, massa yang berjumlahkan 31 orang itu justru tak berkutik saat diamankan tim gabungan Polda Sulawesi Selatan dan Polrestabes Makassar.

Semuanya duduk, terdiam seribu bahasa, bahkan ada yang tertunduk lesu. Sungguh jauh dari karakter mereka saat mencoba menerobos barikade petugas gabungan.

Dari 31 warga yang ditangkap (25 diantaranya merupakan warga yang menjemput jenazah PDP di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Makassar), Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo menyebut, hanya dua diantaranya yang naik menjadi tersangka.

“Dari 25 orang yang sudah kita periksa di RSKD Dadi, sudah ditetapkan tersangka dua orang berinisial SY yang merupakan adik almarhum dan satu ipar almarhum, MR,” terangnya di Mapolrestabes Makassar, Selasa (9/6). Demikian mengutip Kompas.com.

Lebih lanjut, Kombes Ibrahim menjelaskan peran masing-masing kedua tersangka, yakni sebagai sopir mobil yang membawa jenazah (SY), dan memprovokasi warga agar datang dan mengeluarkan dengan paksa jenazah dari rumah sakit (MR).

Para tersangka dijerat pasal berlapis. Mereka disangkakan Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan juncto Pasal 214 KUHP, dan juga Pasal 335 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun.

“Yang membawa sajam akan kita kualifikasi. Kalau memang terbukti, akan kita tambah lagi pasalnya,” tegasnya.

Sedangkan untuk kasus penjemputan paksa dua rumah sakit lain, kata Kombes Ibrahim, masih didalami.

“Untuk kasu lain kita lakukan pendalaman sampai semuanya jadi jelas. Jadi ini masih kita lakukan pengembangan,” tuturnya.

More From: Berita Menarik