Miris,18 ABK Indonesia Belum Terima Gaji 20 Bulan Kerja di Kapal China


via: suara.com

Palingseru.com – Menguras emosi! Apa yang dilakukan pihak kapal China terhadap anak buah kapal (ABK) asal Indonesia sungguh tak manusiawi.

Bukan hanya menyiksa secara perlahan, dengan tidak memberikan asupan layak serta waktu istirahat yang singkat, namun juga tak memberikan apa yang telah menjadi hak mereka. Yakni gaji.

Dikutip suara.com, Mahmudi, salah satu ABK yang bekerja untuk Kapal Fu Yan Yu 7883 milik China mengungkapkan bahwa dia dan 17 rekannya tak menerima gaji selama 20 bulan terakhir, sejak pertama kali berlayar.

Lebih lanjut, Mahmudi menerangkan, mereka pertama kali berlayar pada 13 September 2018, dimulai dari Singapura.

Di sana, mereka dipindahkan ke Kapal penangkapan cumi yang akan beroperasi di India selama tiga bulan.

“Dari Singapura, kami dijemput kapal China yang akan beroperasi di India. Dari India, kami operasi sekitar dua sampai tiga bulan,” terangnya melalui pesan suara, Rabu (10/6).

Setelah dari India, Mahmudi bersama 17 rekannya melanjutkan operasi ke Argentina, Chile hingga terakhir di perairan Fu Zhou, Provinsi Fujian, China pada 1 Juni 2020.

“Kami di (kapal) 7883 sampai finish. Terus kami dipindahkan ke 7872 cuma buat makan dan tidur saja, tidak kerja,” ucapnya.

Hingga detik ini, Mahmudi dan kawan-kawan belum juga menerima gaji. Penjelasan pun tak jua ia dapatkan, baik dari pihak kapal maupun dari pihak PT. Bahari Kru Manajemen (BKM) agen penyalur ABK yang berbasis di Tegal, Jawa Tengah.

“Sampai saat ini, mau memasuki bulan ke 21 dan salary belum turun. Sekarang kami sedang berada di perairan China. Kami langsung menanyakan ke pihak agen kami, dan agen bicara ‘kamu jangan dulu mau pulang kalau gaji belum masuk soalnya uang gaji kamu belum dikirim dari pihak agen china’. Begitu jawabannya,” ungkap Mahmudi.

Tak banyak harapnya, Mahmudi dan rekan-rekannya hanya berharap segera dipulangkan agar dapat kembali bertemu keluarga tercinta di kampung halaman.


Like it? Share with your friends!