Terlihat Senang dan Bersyukur, Nenek 85 Tahun ini Berhasil Sembuh dari Virus Corona


via: kompas.com

Palingseru.com – Sejauh ini, virus corona atau Covid-19 lebih banyak menyebabkan infeksi berat pada orang lanjut usia (lansia) dibandingkan orang dewasa atau anak-anak.

Begitu pun dengan kasus kematian. Orang lansia lah yang ‘menyumbang’ paling banyak, dengan presentase mencapai 21,9%, melansir alodokter.com.

Berbagai penurunan akibat proses penuaan lah yang menjadi faktornya. Mulai dari menurunnya produksi hormon, massa otot, kepadatan tulang, sistem imun tubuh, hingga fungsi organ-organ tubuh.

Ditambah, lansia banyak memiliki penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan asma. Sehingga bisa meningkatkan risiko terpapar virus corona.

Dan karena kondisi itu pula, tingkat kesembuhan bagi lansia positif Covid-19 sangat kecil.

Tapi sebuah mukjizat datang pada nenek berusia 89 tahun di Probolinggo. Setelah dinyatakan positif Covid-19 melalui rapid test dan swab hingga menjalani perawatan di rumah sakit, si nenek akhirnya sembuh dari virus mematikan tersebut.

“Dia (nenek) dinyatakan sembuh dan pulang dari rumah pengawasan pada Rabu (9/6/2020) lalu. Kondisinya sehat. Sejak dinyatakan sembuh, si nenek diharuskan isolasi mandiri di rumah,” kata Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian.

Sang nenek, jelas Yulius, terkonfirmasi terinfesi virus corona saat tim gugus meminta ikut rapid test pada 19 Mei lalu.

Saat itu hasilnya reaktif, sehingga dilanjutkan tes swab tahap I pada 29 Mei dan hasilnya positif.

“Pada 30 Mei dites swab tahap II negatif. Tes swab ketiga pada 9 Juni, negatif lagi. Setelah dua kali beruntun negatif menggunakan tes swab tes cepat molecular di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, si nenek pulang. Saat dilepas petugas medis untuk pulang, si nenek terlihat senang dan bersyukur sambil memegang surat keterangan sehat,” terang Yulius.

Yulius menambahkan, sang nenek masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) dan tidak memiliki penyakit bawaan lain. Sehari-hari, dia berjualan di Pasar Maron. Demikian mengutip Kompas.com, Jumat (12/6).

More From: Berita Menarik