Jenazah Bisa Sampai Tertukar, Pihak Rumah Sakit Meminta Maaf dan Akui Ada Kesalahan Prosedur yang Dilakukan Petugas


via: today.line.me

Palingseru.com – Barang tertukar mungkin masih lazim dan dapat dimaklumi, namun bagaimana dengan kasus yang terjadi di Surabaya ini. Dilaporkan, Rumah Sakit Islam Surabaya tertukar atau salah menguburkan jenazah pasiennya, Rabu (24/6/2020).

“Betul jenazahnya tertukar. Harusnya yang dimakamkan di sini laki-laki, tapi di surat yang kami terima perempuan,” kata Amir Mahmud, salah satu keluarga jenazah.

Beruntung, jenazah belum sampai dimakamkan, baru diangkat ke liang kubur. Sehingga tim medis dengan Alat Pelindung Diri (APD) tak perlu membongkar kembali makam jenazah, hanya cukup mengangkatnya dan memasukkan ke dalam mobil jenazah, melansir today.line.me.

Mengenai insiden tertukarnya jenazah ini, Samsul Arifin selaku Direktur Rumah Sakit Islam Surabaya menyampaikan permintaan maafnya kepada keluarga.

Dia mengakui ada standar operasional yang dilanggar tim pemulasaran jenazah rumah sakit dalam peristiwa tersebut.

“Mungkin karena terburu-buru sehingga ada prosedur yang dilanggar yakni memberi identitas lengkap jenazah yang ditempel di peti jenazah,” kata Samsul.

“Untung saja jenazah yang satu belum diambil oleh keluarganya,” imbuhnya.

Sementara tim petugas pemulasaran, diakui Samsul, telah ditindak tegas dengan diberi surat peringatan.

“Kami sudah minta maaf kepada kedua pihak keluarga atas kejadian tadi. Tim pemulasaran yang bertugas juga sudah kami beri surat peringatan,” tuturnya.

More From: Berita Menarik