Kades di Blitar ini Mendadak Jadi Bidan Bantu Ibu Hamil yang Melahirkan di Pinggir Jalan


via: jatim.suara.com

Palingseru.com – Tak hanya polisi, kepala desa ternyata juga bisa menjadi ‘bidan dadakan’. Seperti apa yang dilakukan oleh seorang Kepala Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Chusana.

Chusuna baru saja membantu proses persalinan seorang warga bernama Siti Aminah pada Selasa sore, 23 Juni 2020 lalu.

Seperti kisah polisi yang membantu melahirkan warga, proses persalinan kali ini juga dilakukan di pinggir jalan.

Saat ditemui pada Rabu (24/6/2020), Chusuna pun menceritakan bagaimana awal mula dirinya membantu proses persalinan Siti.

“Saat itu saya dengar bu Siti sudah berteriak nggak kuat (saat saya keluar rumah). Ketika saya datang kemudian langsung bayinya sudah terlihat kepalanya. Lalu saya pegang kepalanya sambil memberi motivasi ke ibu Siti Aminah,” ujarnya, dilansir jatim.suara.com.

“Kalau nggak segera saya raih kepalanya nanti akan luka soalnya kalau bayi lahir kan kepala di bawah. Di bawah kan ada trotoar kasihan bayinya nanti,” lanjutnya.

Di tengah persalinan itu, aku Chusuna, dia juga turut dibantu oleh seorang penjaga toko dan juga istrinya, yang lalu membentangkan selimut untuk menutupi proses persalinan darurat tersebut.

Kepanikan pun sempat mewarnai proses persalinan darurat itu.

“Suami Bu Siti ini malah panik, anaknya juga ikut panik. Saya sendiri juga ketularan panik. Tapi alhamdulilah semuanya (proses kelahiran) berjalan lancar,” tuturnya.

Tak lama setelah sang bayi lahir, seorang paramedis datang membantu memotong tali pusar bayi, dan Siti kemudian dibawa ke Puskesmas Talun untuk penanganan lebih lanjut.

More From: Berita Menarik