Walaupun Hanya Lulusan SD aja, Pria ini Sukses Jadi Orang Kaya Berkat Ternak Sapinya


via: kumparan.com

Palingseru.com – Bagi seluruh orang di dunia, pendidikan sangat penting. Karena pendidikan merupakan faktor utama yang akan menentukan pengetahuan dan keterampilan yang akan dikuasai nantinya. Selain itu, pendidikan juga mengajarkan kita pada sopan santun dan hal-hal yang benar.

Tapi sekali lagi, pendidikan bukan jaminan kesuksesan. Ya, bukan pendidikan yang mengantar seseorang sukses, namun mental, tekad dan kerja keras lah yang menjadi kuncinya.

Saipol Azmir Zainuddin adalah bukti nyatanya. Pria asal Malaysia ini hanya tamatan Sekolah Dasar, namun Saipol kini telah menjadi seorang sukses lewat ternak sapi.

via: kumparan.com

Melalui bisnis ternak sapinya tersebut, Saipol bisa meraih keuntungan lebih dari Rp 1 miliar per bulan. Bahkan pada tahun 2017 lalu, Saipol mengantongi pendapatan 1 juta Ringgit atau sekitar Rp 3,6 miliar, melansir Kumparan.com.

“Meskipun saya putus sekolah lebih awal dari teman-teman saya, hal itu tak mematahkan semangat, karena impian saya adalah menjadi petani,” ujar Saipol.

Usaha ternak sapinya ini dimulai dari membeli satu ekor anak sapi dengan harga RM 450. Sejak saat itu, Saipol terus mencicil membeli sapi setiap tahunnya hingga berlanjut sampai ia berusia 18 tahun.

“Saat usia saya menginjak 18 tahun, saya sudah memiliki 300 ekor sapi. Waktu itulah saya dan ayah mengembangbiakkan sapi-sapi tersebut dan menjualnya ke penduduk setempat. Keuntungan yang didapat selalu saya simpan karena saya ingin suatu hari nanti bisa memiliki peternakan sendiri,” tutur dia.

Menakjubkan, keinginannya itu kini benar-benar terwujud. Setelah berani mengajukan pinjaman uang sebesar 100.000 Ringgit melalui Farmer’s Organization Authority Malaysia (LPP), Saipol dapat memperluas bisnisnya, dengan membeli sapi-sapi dan lahan kembali seluas 0,8 hektar.

Saat ini, jumlah ternak sapi milik Saipol ada 700 ekor sapi, 150 kambing, dan 30 kerbau.

via: kumparan.com

More From: Berita Menarik