Berkat Olah Sampah Kartu Seluler, Pemuda di Jombang ini Raup Omzet Sampai Jutaan Rupiah


via: newsdetik.com

Palingseru.com – Seperti yang diketahui, Indonesia termasuk negara dengan penghasil sampah plastik terbesar di Asia Tenggara dan di dunia.

Namun tanpa disadari, masalah sampah ini justru banyak ‘melahirkan’ orang kreatif, yang memanfaatkan masalah ini dalam menciptakan nilai ekonomi.

Dengan sampah-sampah tersebut, mereka mengolah sampah menjadi sesuatu barang bernilai.

Seperti apa yang dilakukan oleh pemuda 23 tahun di Jombang, Aji Wahyu Santoso.

Anak pertama dari pasangan Andik Prasetiyo (44) dan Wahyuningsih (50) ini berhasil mengolah sampah kartu seluler menjadi miniatur sepeda angin dan sepeda motor.

Untuk pembuatannya, Aji pun tak memerlukan barang-barang mahal, hanya cukup kepingan sampah kartu seluler, jarum pentol, cotton but, sedotan plastik, spons, dan pipa bekas, melansir newsdetik.com.

Dari barang-barang sederhana itu, Aji lalu merakitnya satu per satu. Setelah selesai, tak lupa Aji mewarnai miniatur dengan cat semprot atau air brush untuk mempercantik tampilan.

“Saya pasarkan, alhamdulilah laku. Saat ini peminatnya seputar Jawa Timur,” kata Aji.

Untuk harga miniatur buatan Aji sendiri bervariasi, mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 300.000. Murah mahalnya tergantung pada tingat kerumitan pembuatan, serta teknik pewarnaan dengan cat semprot.

“Saat ini omzet saya Rp 200 – 300 ribu/hari,” ungkap Aji.

Itu artinya, dalam sebulan, Aji bisa meraup penghasilan Rp 9 juta.

Kini, miniatur yang dikembangkan Aji sudah semakin bervariasi, seperti sepeda balap, BMX, sepeda lipat, sepeda ontel, sepeda motor Honda Astrea Grand, Honda Beat, CB, dan masih banyak lagi.

More From: Berita Menarik