TKW Ini Selama 18 Tahun Tak Dibolehkan Pulang dan Siksa Oleh Majikannya di Saudi, Digaji Kecil dan Terkadang Tidak Diberi Makan


via: jateng.suara.com

Palingseru.com – Kasus penyiksaan terhadap tenaga kerja wanita (TKW) atau tenaga kerja Indonesia (TKI) masih terus terjadi hingga saat ini. Terbaru, kasus penyiksaan dari TKW asal Sragen bernama Surani, 45 tahun.

Bahkan tak main-main, Surani mendapat penyiksaan dari majikannya di Arab Saudi selama 18 tahun lamanya.

Purwanto, selaku adik kandung Surani mengatakan, sang kakak telah lama mengadu nasib ke negeri petrodolar tersebut. Namun di awal kedatangannya di Saudi, sang kakak merasa betah karena mendapat majikan yang baik.

“Namun tahun 2016 majikannya meninggal. Surani kemudian ikut bekerja di salah satu anak majikannya tersebut. Sejak saat itu kondisinya sudah mulai berbeda,” ungkapnya.

Dan sejak saat itu pula, kehidupan bak ‘neraka’ dimulai. Selain sering tak diberi makan dan kerap dimarah, Surani juga dikurung di kamar serta dibayar kecil senilai 1.000 Riyal atau sekitar Rp 3,8 juta.

“Kalau majikannya marah, Surani dikurung di kamar. Biasanya sampai dua malam tanpa dikasih makan. Kakak saya sering cerita (lewat telepon), dia sering hanya bertahan dengan minum air di bak mandi dalam kamar karena tidak diberi sekadar air minum,” terang Purwanto.

Surani baru akan dikeluarkan dari kamar pada saat jam kerja, setelahnya, lanjut Purwanto, kakaknya akan kembali dikurung.

“Memasak pun ditungguin majikannya. Setelah selesai dikunci lagi di kamar.”

Tak tega dengan penderitaan sang kakak, Purwanto pun berusaha membantu dengan cara menghubungi pihak KJRI di Arab Saudi.

Namun karena mendapat jawaban yang tak memuaskan, dia akhirnya menyuruh sang kakak membuat video dan mengunggahnya ke media sosial hingga kini menjadi viral di media sosial.

Bahkan, video tersebut membuahkan hasil manis. Pihak KJRI mulai merespon, dan telah menjemputnya, siap untuk dipulangkan ke Indonesia sekitar dua pekan ke depan, demikian sebagaimana dilansir jateng.suara.com.

More From: Berita Menarik