Dulu Hanya Kasir Mini Market, TKI Jadi YouTuber Korea Kini Bergaji Rp 21 Juta


via: wolipop.detik.com

Palingseru.com – Rezeki memang tiada yang tahu. Seperti apa yang tergambar pada kisah menakjubkan eks TKI (Tenaga Kerja Indonesia) bernama Sugeng Triyono ini.

Sebelum berada di puncak kejayaan, Sugeng sempat merasakan pahitnya hidup. Selama bertahun-tahun dia mengandalkan penghasilan dari kerja kecil-kecilan, diantaranya kasir minimarket.

Namun roda hidupnya seketika berubah tatkala ia memimpikan sebuah motor sport. Keinginannya memiliki barang mahal itu mendorongnya untuk berusaha lebih, hingga dia mendapat ‘jalan’ untuk berangkat ke Korea, menjadi TKI melalui program G to G (Goverment to Goverment atau antar pemerintah Indonesia dan Korea Selatan melalui Direktorat Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (PPTKLN)) yang berada di bawah Direktorat Jenderal PPTKLN Depnakertrans.

via: wolipop.detik.com

“Awalnya aku kerja di kasir minimarket, terus aku lihat ada orang keren naik motor sport, aku tanyain dia bekerja dimana? Dia bilang kerjanya di Korea. Tapi kerjanya di bagian pelayaran terus aku pikir lagi kan badanku kecil dan fisiknya nggak kuat. Pas searching-searching untuk proses ke Korea aku dapat program G to G Korea dari pemerintah, aku ikut pada 2012. Persayaratannya juga aku searching, katanya harus lulus bahasa Korea.”

“Dan aku kursus bahasa Korea selama lima bulan, terus selanjutnya aku ikut tes satu kali, alhamdulilah lulus dan langsung berangkat 2013 ke Korea. Program itu juga enak banget soalnya ditanggung pemerintah,” jelas Sugeng, dilansir wolipop.detik.com.

Perjuangan Sugeng untuk bekerja di Negeri Ginseng tersebut pun terbayarkan dengan manis. Sebab, di sana, ia mendapat bayaran fantastis.

“UMR di sini Rp 21 juta belum sama lembur, totalnya bisa Rp 40 juta per bulan. Bersih bisa kirim ke keluarga sekitar Rp 30 juta,” ungkapnya.

Tak disangka, nasib mujur kembali berpihak padanya. Sugeng yang iseng mencoba membuat vlog mengenai kesehariannya sebagai TKI di Negeri K-Pop tersebut mendapat respon baik. Videonya disaksikan oleh belasan juta viewers, dan bahkan subscriber Youtube channelnya yang bernama Sugeng Azka sudah memiliki lebih dari 77.500 subscribe.

“Iseng-iseng diupload ke Youtube, malah alhamdulilah viewersnya lumayan. Terus dilanjutin sampai sekarang,” tuturnya.

Dari penghasilan gandanya, dari bekerja dan menjadi Youtuber, Sugeng kini sudah bisa mewujudkan mimpinya, membeli motor sport. Malah, dia sudah bisa membeli lebih dari itu, seperti rumah dan beberapa mobil, baik di Indonesia maupun di Korea.

via: wolipop.detik.com

Namun belakangan Sugeng sudah memutuskan untuk meninggalkan Korea Selatan. Dia ingin pulang ke kampung halamannya, untuk bertemu istri dan anak tercinta.

“Soalnya udah kangen kepengen ngumpul bareng anak dan istri. Terus sudah lama di Korea. Aku sudah 7 tahun di Korea sejak 2013. Dan aku sudah punya rumah sendiri di Tegal, Jawa Tengah,” imbuhnya.

More From: Berita Menarik