‘Kaya mau berkata sesuatu tapi tertahan’ Suroto Selama 10 Tahun Mengurung Diri di Rumah Sejak Erupsi Gunung Merapi


via: today.line.me

Palingseru.com – Erupsi merapi 2010 silam di Magelang, Jawa Tengah, kini menyisakan cerita kelam. Bukan mengenai korban terdampak erupsi, melainkan kehidupan seorang pria bernama Suroto, 43 tahun.

“Sejak erupsi merapi 2010 sampai hari ini dia tidak beranjak dari tempat tidurnya. Tinggal hanya dengan ibunya yang sudah tua. Dia (Suroto) makan hanya sekali dalam tiga hari,” ungkap tetangga, Sujono.

Sebelumnya, Suroto menjalani hidup normal seperti orang pada umumnya. Namun semenjak keinginannya membeli sepeda motor dari uang hasil kerjanya tak tersampaikan, akibat habis dipakai untuk keperluan sehari-hari, Suroto langsung mengurung diri, demikian melansir today.line.me.

via: today.line.me

Dan sejak saat itu, Suroto menjauh dari kehidupan luar. Selama sepuluh tahun terakhir ia habiskan di atas tempat tidur. Dia baru beranjak disaat makan, buang air kecil dan besar.

Mendengar kabar ini, Ardian Kurniawan selaku anggota relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Salatiga, Jateng, langsung mendatangi kediaman Suroto di Sawangan, Magelang, pada Rabu (1/7/2020).

Di sana, Ardian berusaha membangunkan Suroto dan memintanya untuk membersihkan diri.

via: today.line.me

“Sama Mas Ardian langsung dipotong gimbalnya dan dimandikan dan mau, enggak marah dan dimandikan juga ngikut. Sempat semuanya diganti. Tempat tidur diganti, sarung diganti, sekarang sudah pakai baju dan celana,” terang Sujono.

Padahal sebelumnya, menurut Sujono, Suroto tidak mau diminta bangun oleh orang lain. Bahkan tabib yang dipanggil untuk mengobatinya menyerah, tidak berani ketika melihat kondisi Suroto.

Sementara itu, Ardian mengungkapkan, selama membersihkan Suroto, dia melihat ada kekecewaan yang terpendam dari mata Suroto.

“Saat aku mandikan, dia tidak bicara sepatah kata pun, tapi dari wajahnya tampak meneteskan air mata, kaya mau berkata sesuatu tapi tertahan,” ungkap Ardian.

Ardian lantas menggalang donasi untuk membantu kehidupan Suroto dan ibunya yang sudah berusia 75 tahun.

More From: Berita Menarik