20 Ide Menarik untuk Memulai Usaha Rumahan


Palingseru.com – Banyak orang memilih kerja kantoran demi mendapatkan penghasilan yang rutin dan pasti. Namun, terkadang pilihan itu pun belum mampu memenuhi segala kebutuhan harian, simpanan untuk masa depan dan asuransi kesehatan. Itulah kenapa PFI menjadi pilihan untuk asuransi kesehatan terbaik,  apalagi biaya hidup selalu mengalami kenaikan. Salah satu cara menyiasati kondisi ini adalah dengan mencari penghasilan sampingan atau penghasilan tambahan. Anda bisa mewujudkan hal itu dengan memulai usaha rumahan. 

Ada banyak pilihan peluang usaha rumahan yang dapat Anda lakukan. Saat ini, dengan keberadaan smartphone dan internet, usaha rumahan semakin bervariasi dan semakin banyak dilirik. Yuk, cari tahu apa saja peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

  1. Membuka warung makan

Warung makan jelas termasuk usaha rumahan yang menjanjikan karena selalu dicari oleh mereka yang tidak memiliki waktu untuk masak sendiri di rumah. Jenis makanan yang dijual pun termasuk sederhana karena menu masyarakat secara umum, jadi tidak membutuhkan modal besar. Banyak restoran besar yang berawal dari warung makan sederhana.

  1. Menjual makanan khusus pesan-antar

Bila Anda tak punya area di rumah untuk dijadikan warung, atau tak ada dana untuk menyewa ruangan, Anda tetap bisa berjualan makanan. Cukup dengan mendaftarkan usaha rumahan di aplikasi layanan pesan-antar, Anda pun seolah memiliki etalase untuk menjajakan makanan dan minuman dari rumah. Jenis makanan yang dijual pun dapat dipilih sesuai keinginan Anda, bisa camilan atau menu khusus.

  1. Menjadi penerjemah 

Anda memiliki kemampuan menulis dalam bahasa selain bahasa Indonesia? Manfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan penghasilan dari rumah dengan menjadi penerjemah lepas (freelance). Anda bisa mempromosikan diri sebagai penerjemah lepas di berbagai platform media sosial atau mendaftarkan diri di situs yang menawarkan berbagai pekerjaan penerjemahan untuk mendapatkan proyek.

  1. Menjadi YouTuber

Anda tidak perlu peralatan canggih atau konten profesional untuk bisa sukses sebagai YouTuber. Faktanya, tidak sedikit konten YouTube yang dibuat dari rumah, dengan peralatan seadanya (minimal smartphone), dan bertema sederhana seperti kegiatan memasak atau unboxing yang menuai jutaan views.

Menjadi YouTuber kini termasuk peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Supaya bisa menjadi YouTuber yang sukses, pelajari kiat-kiat menjadi YouTuber, seperti pemilihan jenis konten, menguasai kemampuan merekam dan mengedit video, cara mendapatkan penghasilan dari YouTube, dan sebagainya.

  1. Membuka laundry

Usaha laundry kiloan makin menjamur. Peluang usaha rumahan laundry memang menjanjikan. Banyak orang yang tidak punya waktu untuk mencuci, menjemur, dan menyetrika bajunya. Mereka tak keberatan mengeluarkan uang untuk mengalihkan tugas itu ke pihak lain, seperti usaha laundry rumahan.   

  1. Menjadi desainer grafis 

Desainer grafis dapat mendesain logo, kemasan, buku, hingga postingan media sosial. Pekerjaan ini dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Selain mendaftarkan diri di situs web penyedia jasa desain grafis bagi desainer freelance, Anda juga dapat mengikuti sayembara desain atau tender proyek yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan besar, termasuk kantor dan lembaga pemerintah. 

  1. Menjadi desainer website

Profesi ini mirip dengan desainer grafis, hanya fokus pekerjaannya adalah membuat desain situs web (website). Di era digital ini, hampir setiap usaha perlu memiliki situs web sebagai etalase penjualannya. Tak bisa dimungkiri, menjadi desainer websiete termasuk peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

  1. Menjadi ilustrator 

Keahlian yang perlu dimiliki seorang ilustrator adalah menggambar, baik di atas kertas atau menggunakan software ilustrasi. Anda dapat menawarkan jasa tersebut ke berbagai pihak yang perlu dibuatkan ilustrasi, seperti penerbit, pemilik bisnis, atau menawarkan ilustrasi buatan Anda di agen-agen penyedia ilustrasi internasional.

  1. Menjadi penulis lepas

Menulis adalah pekerjaan yang dapat dilakukan di mana saja. Pada era digital seperti sekarang ini, jasa penulis banyak dicari untuk membantu membuatkan konten situs web, media sosial, dan platform online lainnya.

  1. Menjadi pengajar les privat

Tergantung dari keterampilan yang Anda kuasai, usaha rumahan ini juga bisa Anda buka untuk kalangan dewasa. Anda dapat mengajar les privat bahasa asing, tari, musik, menyanyi, dan olah raga tertentu.

  1. Menjadi fotografer

Fotografer zaman now tidak hanya dapat memperoleh penghasilan dari jasa fotografi. Anda juga bisa menjual hasil jepretan Anda ke agen-agen penyedia foto internasional.

  1. Menjual kerajinan tangan 

Bila Anda berbakat membuat kerajinan tangan, Anda dapat mencoba memasarkannya. Contoh pernak-pernik buatan sendiri yang banyak diminati adalah hiasan kepala anak, dekorasi pesta anak, hiasan dinding, boneka rajut, mainan anak, dan sebagainya. 

  1. Menyewakan kostum

Anda bisa menyewakan pakaian adat daerah, pakaian khas negara tertentu, baju pengantin, hingga kostum profesi anak yang banyak diminati pada bulan-bulan tertentu (misalnya Hari Kartini). Semakin banyak koleksi kostum Anda, semakin besar peluang keuntungannya. 

  1. Menjadi reseller

Menjadi reseller berarti menjual kembali produk yang telah Anda beli. Usaha rumahan ini banyak diminati karena Anda cukup menyetok barang yang akan dijual, lalu menjualnya secara online maupun offline. Contoh barang yang dapat dijual oleh reseller adalah pakaian, produk kecantikan, gadget, dan sebagainya.

  1. Menerima pesanan menjahit

Usaha rumahan ini bisa dibilang selalu memiliki pasar. Meski banyak toko pakaian besar, namun, orang masih suka mencari jasa penjahit untuk keperluan khusus, seperti misalnya untuk dibuatkan pakaian dengan model tertentu, atau busana untuk event tertentu.

  1. Menjual camilan

Semua orang suka camilan. Usaha rumahan menjual camilan atau makanan ringan bisa disebut menjanjikan karena harganya terjangkau sehingga diminati banyak orang.

  1. Mengelola pemasaran media sosial 

Pemilik usaha mikro hingga besar memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan dan menjual produk-produk mereka. Pekerjaan tersebut biasanya dikerjakan tenaga administrasi atau admin yang lokasinya bisa di mana saja, tidak perlu berada di kantor atau tempat kerja pemilik usaha. 

  1. Jasa cuci motor 

Banyak pemilik motor memilih untuk mencuci motornya di tempat cuci motor. Selain praktis, biayanya pun tidak mahal. Maka itu, jasa cuci motor termasuk peluang usaha rumahan yang layak dilirik.

  1. Jasa katering

Anda dapat menawarkan jasa katering kepada lingkungan sekitar, misalnya untuk kegiatan arisan tetangga, kegiatan pertemuan di kantor, atau di acara keagamaan. Selain itu, Anda juga dapat menjajaki peluang usaha katering harian ataupun katering sehat atau katering diet.

  1. Jasa servis alat elektronik

Usaha jasa servis elektronik masih banyak dibutuhkan. Setiap rumah tangga memiliki minimal satu alat elektronik. Bila ada alat yang rusak, umumnya pemilik akan berusaha memperbaikinya terlebih dahulu ketimbang langsung menggantinya dengan yang baru.

Tips Merintis Usaha Rumahan

  • Minta dukungan keluarga. Ini terutama bila Anda masih menjadi pekerja kantoran. Anda akan membutuhkan dukungan dari pasangan dan anggota keluarga lain untuk menjalankan usaha rumahan.
  • Tentukan jenis usaha rumahan yang ingin digeluti. Produk apa yang ingin Anda jual? Jasa apa yang ingin Anda tawarkan?
  • Siapkan modal. Bahkan usaha rumahan yang paling sederhana pun membutuhkan modal, meski tidak besar. Sebelum memulai usaha rumahan, siapkan dana untuk modal awal usaha.
  • Kuasai pemasaran online. Pada era digital, kegiatan jual-beli online sangat diminati. Selain membutuhkan biaya yang minim (kuota internet), pemasaran online dapat memperluas jangkauan penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Lindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan

Agar Anda dapat menjalani hidup dengan optimal, Anda perlu selalu menjaga kesehatan. Di tengah kesibukan menjalankan bisnis atau usaha rumahan, pastikan agar Anda selalu menerapkan gaya hidup sehat. 

Pilih juga langkah bijak dalam melindungi diri dari risiko kerugian finansial, termasuk yang disebabkan sakit. Kondisi sakit menuntut biaya yang tidak sedikit untuk memeriksakan diri ke dokter, membeli obat, menjalani pemeriksaan medis, menjalani rawat inap, hingga operasi. 

Anda dapat mengantisipasi semua pengeluaran itu dengan memiliki asuransi kesehatan. Dengan membayar premi asuransi kesehatan secara rutin, Anda melindungi diri dari kerugian finansial bila suatu hari mendapat musibah sakit. Biaya pengobatan akan ditanggung perusahaan asuransi sehingga Anda dapat fokus pada upaya penyembuhan.

Asuransi Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life adalah produk asuransi kesehatan yang menawarkan sejumlah fasilitas yang nyaman dan menguntungkan bagi Anda. Mega Hospital Investa memberikan manfaat santunan rawat inap karena sakit atau kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan, dan pengembalian premi (no-claim bonus). Asuransi Mega Hospital Investa membolehkan Anda untuk memilih rencana uang pertanggungan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. 


Like it? Share with your friends!