Modifikasi Motor Sendiri di Rumah? Ikuti 7 Tips Berikut Ini


tips modifikasi motor
modifikasi motor foto: .pixabay.com

Palingseru.com – Zaman sekarang, modifikasi motor menjadi salah satu cara agar tampil lebih percaya diri. Tampilan modifikasi yang keren membuat pengendara terlihat lebih macho dalam menggunakannya. Melakukan modifikasi atau ubahan pada sepeda motor, memang butuh biaya yang lumayan besar.

Sejauh mana modifikasi ini diperbolehkan? Selama modifikasi tersebut tidak menyalahi aturan yang berlaku, seperti yang tertuang dalam Pasal 277 UU no.22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, maka motor masih boleh digunakan di jalan raya.

Memodifikasi motor kesayangan agar tampilannya lebih cantik dan menarik adalah sesuatu yang penting bagi pencinta motor. Bahkan, mereka rela mengeluarkan bdget yang tidak sedikit untuk membeli apa saja yang dibutuhkan. 

Bagi yang mempunyai dana lebih, mungkin bisa menyerahkan modifikasi motor mereka kepada bengkel dan montir yang sudah berpengalaman. Lalu, bagaimana dengan yang dananya pas-pasan? Apa mereka akan kehilangan kesempatan mempercantik tampilan motor kesayangan?

Tidak perlu khawatir, Anda bisa memodifikasi motor Anda sendiri di rumah. Ikuti 7 tips berikut ini. 

  1. Ketahui Terlebih Dahulu Jenis Motor yang Akan Dimodifikasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa jenis motor yang akan dimodifikasi, apakah itu motor matik, motor bebek/cub, ataukah motor sport. Hal ini penting untuk mempermudah pemilik menentukan seperti apa modifikasi yang cocok. Misal basic-nya matic, modifikasi seperti apa yang akan dibuat, elegan atau ekstrim?

  1. Tentukan Model Modifikasi yang Akan Dibuat

Setelah mengetahui jenis motor, kini Anda harus menentukan model. Jika memilih konsep modifikasi motor yang sederhana, tetapi tetap terlihat elegan dan stylish, jenis aksesori yang dapat digunakan adalah jari-jari pelek roda, stiker, spion, piringan rem cakram, dan lainnya.

  1. Tentukan Budget 

Memodifikasi motor kesayangan memang menyenangkan. Namun, jangan sampai gelap mata dan membuat Anda menghabiskan seluruh tabungan hanya untuk mempercantik tampilan motor. Tentukan saja berapa budget yang ada, modifikasi motor sesuai dengan kemampuan.

  1. Lakukan Sedikit demi Sedikit

Memodifikasi motor tentu tidak bisa jadi dalam sehari. Anda pasti punya kegiatan atau tanggung jawab lain yang harus dikerjakan. Lakukan sedikit demi sedikit dengan sabar agar hasilnya maksimal.

  1. Pelajari Tutorial

Sudah banyak youtuber yang membagikan video tutorial memodifikasi motor ini. Anda hanya perlu mempelajari dan mengikutinya saja. Namun, patikan bahwa Anda benar-benar bisa melakukannya sendiri. Yakinkan bahwa Anda sudah memiliki kemampuan dasar untuk membongkar-pasang kendaraan roda dua itu.

  1. Ajak Teman

Jika Anda merasa kurang yakin bisa melakukan sendiri modifikasi ini, ajaklah teman yang paham tentang motor. Sedikit saja kesalahan dalam memodifikasi motor, maka permormanya akan menurun bahkan bisa saja membahayakan nyawa Anda ketika mengendarainya. Pastikan Anda melakukannya dengan benar.

  1. Beli Custom Kit 

Bagi Anda yang ingin memodifikasi sendiri, saat ini sudah tersedia custom kit yang praktis dan mudah diaplikasikan bagi pemula. Tinggal plug and play dan motor Anda menjadi secantik harapan.   

Nah, itulah 7 pilihan cara memodifikasi motor di rumah yang bisa dilakukan apabila dana yang dimiliki terbatas. Lakukan modifikasi motor sesuai dengan karakter Anda, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan faktor keselamatan, ya. Ingin tahu lebih banyak tentang modifikasi motor atau segala sesuatu tentang otomotif? Anda bisa menemukan banyak artikel menarik di otoloka.id. Banyak hal yang bisa Anda pelajari di sana. Semoga bermanfaat

More From: HOT ISU