19 Tahun Berpisah Akibat Tsunami, Gadis ini Akhirnya Bisa Temukan Ayahnya Kembali Lewat Media Sosial


via: brilio.net

Palingseru.com – Tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam memang menjadi bencana alam terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. Tsunami yang dipicu oleh gempa bumi bermagnitudo 9 di dasar laut itu telah menelan ratusan ribu nyawa.

Enam belas tahun berlalu, tsunami Aceh ternyata masih menyimpan cerita tersendiri bagi beberapa korban terdampak tsunami.

Diantaranya bagi Nurul Happy Zilandra atau akrab disapa Iza. Nama Iza belakangan menjadi viral setelah kisahnya mencari sosok ayah di media sosial.

Seperti diterangkan oleh gadis asal Kedah, Malaysia bernama Nur Lyana Aqilah Ahmad Nasir, seorang pengguna Instagram yang membantu Iza mencari sang ayah, Iza dan ayahnya Rahim Said telah berpisah selama 19 tahun.

“Iza bilang ibunya pulang ke Aceh pada 2001 untuk melahirkan dia. Setelah melahirkan, ibu Iza sudah mencoba menghubungi suaminya, mengirim surat tapi tak sampai. Keluarga ayah Iza pun juga sempat mengirim surat ke Indonesia tapi tak sampai. Setelah itu, ayah Iza bilang pada tahun 2004 bahwa dia mendapat kabar bahwa anak dan istrinya menjadi korban tragedi tsunami,” jelas Lyana, dilansir Brilio.net.

Saat tragedi tsunami, ayah Iza sedang berada di Malaysia dan hingga sekarang. Karena itu, Iza meminta bantuan Lyana, warga Malaysia, dalam pencarian ini. Dan beruntungnya, Lyana bersedia membantu Iza, setelah berkali-kali permintaannya ditolak oleh warganet Malaysia lain.

“Awalnya saya tidak accept DM dia. Saya buka profil IG dia dulu. Setelah saya lihat foto-fotonya, dia tidak terlihat seperti scammer. Setelah itu saya lihat ada satu foto dimana dia mengunggah foto ayahnya dengan location Malaysia pada tahun 2018 lalu. Jadi saya mengira mungkin dia orang Malaysia juga.”

“Mungkin Allah menggerakkan hati saya untuk membalas DM dia. Saya pun menawarkan diri untuk pergi dan bertanya ke pejabat pendaftaran dan dia langsung setuju. Pada saat itu saya yakin dia memang sedang mencari ayahnya,” Lyana menjelaskan.

Setelah pergi ke Jabatan Pendaftaran Negara (JPN), dan kemudian membagikan kisah Iza yang sedang mencari ayahnya di akun Twitter pribadinya, tak disangka hal itu membuahkan hasil manis.

Selang tiga jam kemudian, seorang pengguna Twitter mengirim Direct Message (DM) ke Lyana.

via: brilio.net

“Alhamdulilah pada hari Senin ada orang DM lewat Twitter memberi nomor telepon ayah Iza. Saya sendiri pun terkejut karena semuanya terjadi sangat cepat. Sebelum saya memberikan nomor itu ke Iza, saya menghubungi Pak Rahim terlebih dahulu untuk memastikan apakah dia adalah orang yang sedang Iza cari. Dan memang benar bapak itu adalah ayah Iza. Jadi saya langsung memberikan nomor telepon tersebut kepada Iza di hari yang sama. Setelah itu Iza pun segera video call dengan ayahnya,” ungkap Lyana.

Meski tak saling kenal, Lyana mengaku ikut terharu bahkan meneteskan air mata saat berhasil mempertemukan anak dengan ayahnya.

Lyana menambahkan, Iza mengucapkan banyak terima kasih kepadanya karena telah membantunya menemukan sang ayah, serta mempermudah urusannya. Sebab, Iza terdesak mencari ayahnya terkait dengan urusan pernikahannya.

“Dia mencari ayahnya untuk jadi wali nikah. Saya sendiri pun tidak menyangka bisa mempermudah urusan dia. Saya merasa senang dapat membantu mempertemukan mereka walaupun orang itu tidak saya kenal,” ujar Lyana.

More From: Berita Menarik