Seperti ini Penjelasan Dokter soal Ibu di Tasikmalaya Yang Hamil Hanya Satu Jam Lalu Melahirkan Bayi


via: newsdetik.com

Palingseru.com – Melahirkan setelah satu jam hamil, siapa yang tak terkejut mendengarnya?

Ya, inilah kisah aneh tapi nyata yang datang dari seorang ibu bernama Heni Nuraeni (28), warga Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.


Pada Sabtu (19/7/2020) sekitar pukul 21.30 WIB, Heni melahirkan bayi laki-laki, anak ketiganya yang belakangan diberi nama Lingga Cipta Radeva.


Tapi anehnya, tak seperti wanita hamil pada umumnya yang mengandung selama 9 bulan, pada momen kelahiran anak ketiganya ini Heni hanya melewati masa hamil satu jam saja. Dan kehamilannya ini pun baru diketahui setelah ia mendatangi rumah ayahnya, karena selama ini ia mengalami menstruasi secara teratur.


“Jadi awalnya di rumah, terus kerasa ada yang aneh. Perut sebelah kanan mengeras, ada yang gerak. Saya dibawa ke rumah Bapak. Tahunya mules sejam kemudian dan panggil indung berang (dukun beranak). Akhirnya melahirkan,” Heni menjelaskan.


Kehamilan singkatnya ini sontak menjadi viral di media sosial, dan telah sampai ke telinga para petugas medis dan dokter dari Puskesmas Puspahiang.


Bersama perangkat desa, para petugas medis dan dokter mendatangi kediaman Heni untuk melakukan pemeriksaan dan wawancara.


Dari hasil pemeriksaan, Mia Shofia, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tasikmalaya, mengungkapkan bahwa kabar tersebut bukan hoaks. Heni benar mengalami proses kehamilan singkat sebelum melahirkan, atau dalam dunia medis disebut kehamilan kriptik (cryptic pregnancy) atau kehamilan samar.


“Melihat kondisi pada Heni tidak mengalami gangguan mental dan gangguan emosional. Secara logika bahwa persalinan yang terjadi pada Heni adalah persalinan alami dan dilalui proses kehamilan,” kata Mia.

“Begitu pun hasil konsultasi dengan para ahli kehamilan, bahwa tenaga kesehatan meyakini suatu proses normal, sebuah persalinan yang diawali oleh proses kehamilan,” Mia menambahkan.

More From: Berita Menarik